23 Juli 2013 , in category Kemahasiswaan

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya ( DPM FPUB ) Merupakan lembaga legislatif mahasiswa di tingkat Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Pertanian merupakan lembaga perwakilan mahasiswa yang anggotanya berasal dari berbagai lapisan mahasiswa. Dengan demikian DPM-FP diharapkan mampu mewujudkan aspirasi segenap lapisan mahasiswa sehingga anggota DPM-FP harus memperhatikan kepentingan mahasiswa Fakultas Pertanian secara keseluruhan. Untuk itulah, tata cara yang selama ini dilakukan oleh mahasiswa pertanian dalam pergaulannya di FP harus diayomi oleh DPM-FP.

Pengayoman tersebut berarti bahwa DPM-FP melindungi, memelihara dan menggali kearifan nilai-nilai local yang dimiliki oleh LKM-FP. Fungsi lembaga-lembaga Jurusan dan Unit Kegiatan Mahasiswa perlu dijaga dan diayomi karena selama ini masih dibutuhkan. Fungsi DPM-FP untuk mengayomi nilai-nilai local ini diwujudkan melalui fungsi pembuatan Peraturan LKM-FP, pengawasan dan penyaluran aspirasi. Nilai-nilai lokal yang selama ini berlaku dan dihormati oleh masyarakat pertanian setempat dijadikan landasan dalam menjalankan pemerintahan mahasiswa dan menjalin hubungan antar anggota masyarakat FP Unibraw.

Sejarah Berdiri
Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya ( DPM FP UB ) didrikan /dideklarasikan oelh mahasiswa fakultas Pertanaian Universitas Brawijaya pada tanggal 9 November 1999. Organisasi ini pada awalnya memiliki dua fungsi yaitu sebagai lembaga yudikatif dan sebagai lembaga Legislatif. Namun sejak tahun 2003 sistem ini diubah yaitu ada MPM ( Majelis Permusyawaratan Mahasiswa ) dan Dewan Perwakilan Mahaiswa ( DPM).

Visi
1. Mewujudkan Kedaulatan Mahasiswa seutuhnya
2. Mewujudkan insan akademis yang berintelektual dengan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian, berwawasan kebangsaan, berpola pikir kritis, analitis dan dinamis serta berorientasi kerakyatan

Misi
1. Menjadi lembaga perwakilan mahasiswa fakultas Pertanian yang aspiratif, independen, demokratis, dan berdaulat
2. Mewujudkan kondisi Good Government yang berwibawa
3. Memfasilitasi aspiratif mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
4. Mewujudkan suatu hubungan dan kerjasama yang baik antara seluruh elemen civitas akademika
5. Mewujudkan usaha-usaha untuk kesejahteraan mahasiswa