23 Juli 2013 , in category System

Jurusan HPT merupakan salah satu jurusan yang kedudukannya dalam lingkup Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Pada tahun 1978 di Jurusan Hama & Penyakit Tumbuhan (HPT) dimulai Pendidikan Strata 1 dengan menggunakan sistem SKS yang dapat ditempuh selama 4 tahun. Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman (IHPT) dalah satu-satunya Program Studi yang ada di Jurusan HPT hingga saat ini. PS IHPT berdiri pada tanggal 24 September 1984 berdasarkan Kep. Dikti No. 118.DIKTI/KEP/1984. Saat ini PS IHPT terakreditas A dan merupakan salah satu Program Studi yang keberadaannya memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan pertanian di Indonesia melalui program-programnya yang diimplementasikan di masyarakat.
Bidang Kekhususan (Bidang Kajian Utama) Jurusan HPT antara lain :
1. Ilmu Hama Tanaman( Entomologi, Nematologi dan Acaralogi)
2. Ilmu Penyakit Tanaman (Bakteriologi, Mikologi, Virologi)

Bidang Kajian Lainnya yaitu Bioteknologi Hama dan Penyakit,Toksikologi Pestisida, dan Pengendalian Hama Terpadu.

Visi :

Pada tahun 2025 menjadi jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan yang  unggul, berstandar internasional dan  mampu berperan aktif dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat khususnya bidang perlindungan tanaman terpadu.

Misi :

  • Menyelenggarakan pendidikan, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi, memiliki kemampuan akademik dan ketrampilan professional.
  • Mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetaahuan dan teknologi dalam bidang perlindungan tanaman dengan mempertimbangkan  keseimbangan ekosistem.

Tujuan :

  • Menghasilkan Sumberdaya Manusia yang  menghargai peran alam untuk merancang dan mengatur secara tepat agroekosistem dalam kaitannya dengan pengelolaan hama dan penyakit tumbuhan,
  • Menghasilkan teknologi pengendalian hama dan penyakit tumbuhan yang mengedepankan aspek keberlanjutan baik dari segi ekologi, ekonomi dan sosial serta pemberdayaan petani.

http://www.hpt.ub.ac.id