web analytics
Ditulis pada tanggal 10 Juli 2013

Sambutan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Selamat datang saya ucapkan kepada Mahasiswa Baru Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya tahun Akademik 2013-2014. Pilihan Anda di Fakultas Pertanian, sangat tepat mengingat bidang pertanian merupakan bidang yangi sangat penting bagi keberlanjutan hidup bangsa. Tugas mulia dalam pengadaan pangan dan perlindungan terhadap lingkungan adalah dua tugas yang sangat mulia dihadapan Allah SWT.
Jalur penerimaan Mahasiswa Baru oleh FP-UB mempunyai 2 misi penting, 1. Guna mempersiapkan SDM pertanian yang handal, cerdas, trampil dan mumpuni, 2. Memeratakan hak memperoleh pendidikan bagi para lulusan SMA dan yang serderajad se Indonesia. Karenanya, Jalur Undangan dan SNMPTN mempunyai proporsi tinggi, yaitu sekitar 90%, sementara itu Jalur Mandiri hanya sepuluh persen.
Dengan SDM yang unggul tadi diharapkan para mahasiswa bisa lulus tepat waktu dan prestasi akedmik yang membanggakan.
Namun demikian guna mempersiapkan diri menjadi pemimpin pemimpin bangsa kualitas lulusan akan paripurna apabila para mahasiswa juga aktif berorganisasi dalam kampus. Manfaat organisasi bukan hanya dapat mengasah kemampunan namun juga menjadikan lulusan untuk tanggap terhadap permasalahan masyarakat-bangsa, terutama kepekaan sosial yang sedang banyak dihadapi oleh bangsa ini. Kepekaan sosial yang bisa diperoleh dengan penajaman soft-skill harus dikedepankan sehingga dan empati simpati terhadap sesama semakin tinggi.
Jumlah mahasiswa baru yang ada di FP-UB tahun ini cukup banyak, yaitu sekitar 1270 orang, jumlah tersebut hampir sama dengan tahun lalu, namun hampir 4 kali dibandingkan tahun 2006.
Dibalik keberhasilan dalam menarik minat studi para lulusan SMA dan yang sederajat ke Fakultas Pertanian, masih juga ada kelemahannya. Kelemahan ini adalah masih rendahnya jumlah mahasiswa yang lulus. Dari data yang ada, perkembangan jumlah mahasiswa yang masuk dengan jumlah mahasiswa yang lulus sangat tidak seimbang. Jumlah angka kelulusan dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang masuk (istilah pertanian: rendemen) sekitar 40%. Logikanya, jumlah mahasiswa yang masuk harus sama dengan jumlah mahasiswa yang lulus sarjana.
Semakin lama mahasiswa menempuh studi (lebih dari 4 tahun) akan semakin sulit untuk lulus karena beban dosen semakin berat dengan bertambahnya jumlah bimbingan, kesempatan bekerja di lab semakin sempit, sarana kebun percobaan semakin sempit.
Menyadari kelemahan ini FP-UB mulai mengatur strategi agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu. Sekalipun begitu sebenarnya kunci sukses untuk lulus tepat waktu tergantung pada keharmonisan hubungan antara dosen-mahasiswa, semakin intensif dosen-mahasiswa berinteraksi akademis semakin cepat mahasiswa lulus.
Semoga dengan strategi baru yang akan kami terapkan tahun ini bisa berhasil. Jumlah lulusan yang tepat waktu meningkat dan semakin cepat para alumni kami untuk berkompetisi di lapangan kerja. Saya ucapkan selamat bekerja kepada para dosen dan karyawan. Khusus kepada Mahasiswa Baru saya berpesan pusatkan perhatian akademik Saudara sehingga dapat lulus tepat waktu. Semakin cepat anda lulus semakin terbuka lebar peluang dan kesempatan untuk segera mengabdikan diri kepada masyarakat, nusa dan bangsa.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Dekan FP-UB
Sumeru Ashari.