28 Mei 2015 , in category Pengumuman

Download Leaflet

SIMPOSIUM DAN SEMINAR NASIONAL

IMPLEMENTASI REGULASI PRODUK REKAYASA GENETIKA DALAM MENUNJANG KETAHANAN DAN KEAMANAN PANGAN SERTA LINGKUNGAN

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA

10 SEPTEMBER 2015

LATAR BELAKANG

Kenaikan jumlah penduduk yang pesat dan semakin menyempitnya luas lahan serta semakin merebaknya hama penyakit akibat terganggunya keseimbangan lingkungan membawa implikasi kepada Negara kita dalam kondisi yang menjurus ke jurang krisis ketahanan pangan dan pakan. Terbukti hingga beberapa pergantian rezim pemerintahan, Indonesia tetap belum bisa lepas dari jeratan impor jutaan ton Komoditas pajale (Padi Jagung Kedelai) yang menguras milyaran dolar devisa negara. Berbagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi ketergantungan impor telah dilakukan termasuk penggunaan varitas unggul yang bersal dari hasil rekayasa genetik.

Sementara itu temuan lapang tentang komoditas pertanian impor menunjukkan bahwa lebih dari 50% total impor terutama Jagung dan kedelai saat ini adalah produk rekayasa genetic (PRG). Fakta ini membuktikan bahwa bangsa kita tanpa sadar telah akrab dan menikmati produk rekayasa genetik seperti tahu tempe, maizena dll.

Lembaga publik seperti Kementan, Kemendag, KLH, BPOM, YLKI, dll yang mestinya bertanggung jawab terhadap keberadaan dan peredaran PRG namun kurang memberi informasi yang jelas kepada masyarakat dalam aspek keamanan, kelayakan dan kesehatan bagi masyarakat dan lingkungan. Wajar jika saat ini masih terjadi pro dan kontra yang kuat di masyarakat tentang keamanan, penggunaan dan peredaran PRG.

Pemerintah sebetulnya telah merespon masalah tersebut, paling tidak melalui UU No. 21 tahun 2004 dan PP 21 Tahun 2005 Tentang Keamanan Hayati Produk Rekayasa Genetika. Substansi dari regulasi tersebut seperti yang tertera dalam Penjelasan pasal pasalnya adalah dengan pendekatan kehati-hatian yang diimplementasikan dalam ketentuan bahwa sebelum PRG dapat dimanfaatkan perlu dilakukan terlebih dahulu pengkajian dan pengelolaan resiko keamanan lingkungan, pangan dan/atau pakan dengan METODE ILMIAH YANG SAHIH dan PERTIMBANGAN FACTOR SOSIAL, EKONOMI, dan ETIKA, untuk menjamin bahwa resiko pemanfaatan PRG terhadap lingkungan dan kesehatan manusia dapat diterima berdasarkan persyaratan peraturan yang ada. MASALAH nya adalah masih banyak pertanyaan dari masyarakat karena ada gap informasi dan sosialisasi serta praktek yang belum jelas dari implementasi regulasi yang telah dibuat. Apakah setiap PRG yang diimpor dan atau diproduksi di dalam negeri benar benar diuji dan dikaji secara ilmiah dengan metode yang sahih dan standar atau diakui secra internasional ? Bagaimana ukuran standar termasuk teknis maupun system uji lingkungan, keamanan pangan, ekonomi dan pertimbangan social (Social aceptibility) pada tataran regulasi dan praktek lapangnya? Informasi tersebut terlalu urgen untuk tidak diberikan kepada masyarakat dalam rangka menggenjot produktivitas komoditas pangan dan pakan menuju semangat menjaga ketahanan dan keamanan pangan di era globalisasi.

MAKSUD DAN TUJUAN

  • Merangkum ide ide melalui symposium dan seminar yang dapat mengevaluasi dan atau memberi sumbangan pemikiran dari hasil kajian dalam rangka penyempurnaan implementasi regulasi PRG
  • Mendapatkan bahan rekomendasi ilmiah yang kuat menuju aksi yang dapat mengurangi pro kontara pemakainan PRG dan dapat mendukung penguatan regulasi

TEMPAT DAN WAKTU

A. SEMINAR NASIONAL

Tempat : Gedung Widyaloka, Universitas Brawijaya

Waktu : Kamis, 10 September 2015, Pukul 07.30 s/d Selesai

B. SIMPOSIUM

Tempat : Ruang Jamuan Gedung Rektorat lt 6. Universitas Brawijaya

Waktu : Kamis, 10 September 2015, Pukul 13.00 s/d Selesai

AGENDA

  • 03 Agustus 2015 — Batas Akhir Penerimaan Abstrak
  • 10 Agustus 2015 — Pemberitahuan Penerimaan Makalah
  • 24 Agustus 2015 — Batas Akhir Pengumpulan full Paper
  • 01 September 2015 — Batas Akhir Pendaftaran/ Pembayaran pemakalah dan peserta (250 orang)
  • 10 September 2015 — Pelaksanan Seminar Nasional dan Simposium

BIAYA

  • Pemakalah / Umum : Rp. 400.000,-
  • Mahawsiswa (S3/ S2/ S1 ) : Rp 300.000,-

Rek. Bank untuk pendaftaran dan sponsor

Bank Mandiri Malang

An. TITIN SUMARNI

No. Rek. 144-00-1473904-6

Bukti pembayaran mohon di simpan dan ditunjukan saat registrasi atau di kirimkan ke
e-mail: seminar.prg@gmail.com

  • Batas Akhir Pembayaran 01 September 2015

SEKRETARIAT

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang

Jl. Veteran Malang -65145

Telp. 0341 511665/ 0341 565845

Fax. 0341 560 011

E-mail : seminar.prg@gmail.com

DAFTAR KONTAK