Program Studi

Magister Ekonomi Pertanian

  • Pada tahun 2025 menjadi program magister yang berstandar internasional dan unggul dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengembangan IPTEK ekonomi pertanian khususnya dalam bidang pembangunan berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional, juga berperan aktif dalam memecahkan permasalahan dalam pembangunan.
  • Menyelenggarakan pendidikan magister ilmu ekonomi pertanian khususnya dalam bidang pembangunan berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional melalui proses pembelajaran yang berkualtas tinggi dan efisien.
  • Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi pertanian khususnya dalam bidang pembangunan berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  • Melakukan kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian melalui seminar dan publikasi ilmiah.
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk digunakan sebagai bekal melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.
  • Menghasilkan lulusan yang berkemampuan untuk menjawab berbagai masalah dalam pembangunan pertanian berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional.
  • Menghasilkan lulusan yang berkemampuan untuk menjawab berbagai masalah dalam pembangunan pertanian berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional.
  • Menghasilkan publikasi ilmiah hasil-hasil penelitian dalam jurnal-jurnal terindeks nasional maupun internasional atau mendiseminasikan dalam seminar.

Impelementasi pembangunan pertanian berkelanjutan yang adaptif di tengah tekanan problematik sebagaimana telah diuraikan, idealnya dilaksanakan dengan berorientasi pada kesejahteraan ekonomi dan sosial petani, pekerja serta masyarakat sekitar, konservasi sumberdaya pertanian dan optimalisasi nilai tambah ekonomi bagi petani dan pelaku Ekonomi Pertanian pada umumnya. Untuk itu diperlukan eksistensi formulator kebijakan ekonomi pertanian yang handal, praktisi dan manajer (agropreneur), rural societies developer, konsultan, akademisi dan peneliti ekonomi pertanian yang profesional. Kebutuhan atas profil sumberdaya manusia dengan ciri kompetensi tersebut menjadi dasar formulasi visi keilmuan Proram Studi (PS) Magister Ekonomi Pertanian sebagai berikut:

“Mengembangkan dan mendiseminasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kegiatan pembelajaran yang inovatif yang berhubungan dengan Pembangunan pertanian berkelanjutan.”

Sedangkan, kekhasan PS Magister Ekonomi Pertanian :

“Proses pembelajaran di Program Studi Magister Ekonomi Pertanian berorientasi khususnya dalam bidang pembangunan berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan, pemasaran dan perdagangan internasional serta Green Agriculture.”

Akreditasi Program Studi

Hasil akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) No 10957/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/IX/ 2021, Program Studi Magister (S2) Ekonomi Pertanian terakreditasi Unggul

News & Announcement

Pengumuman Penerima Pendanaan Internal DRPM UB TA.2024

03 April 2024 Nomor : 409/UN10.C10/TU/2024 Hal : Pengumuman…

Workshop Etika dan Peningkatan Kinerja Pegawai di Lingkungan FPUB

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat…

Pemberian Bingkisan dan Santunan oleh DWP FP UB Membawa Kebahagiaan di Bulan Ramadhan

kegiatan Pemberian Bingkisan dan Santunan yang diselenggarakan…

FP Tambah 2 Guru Besar

Fakultas Pertanian Ub menambah jumlah guru besar dengan dikukuhkannya…

Perkuliahan Pengganti dan Perkuliahan di Bulan Ramadhan TA. 2023-2024

Nomor : 3928 /UN10.F04.01/PP/2024 Surat_Perkuliahan-Peng…

Kerjasama Riset Antara Fakultas Pertanian UB dan Université Montpellier Melalui CIRAD Perancis

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) telah menjalin…

FP UB Sambut 34 Mahasiswa Inbound UPM Malaysia

Dalam rangkain kerjasama yang telah terjalin dalam  kolaborasi…

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share