Program Studi

Magister Ekonomi Pertanian

  • Pada tahun 2025 menjadi program magister yang berstandar internasional dan unggul dalam kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengembangan IPTEK ekonomi pertanian khususnya dalam bidang pembangunan berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional, juga berperan aktif dalam memecahkan permasalahan dalam pembangunan.
  • Menyelenggarakan pendidikan magister ilmu ekonomi pertanian khususnya dalam bidang pembangunan berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional melalui proses pembelajaran yang berkualtas tinggi dan efisien.
  • Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang ekonomi pertanian khususnya dalam bidang pembangunan berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  • Melakukan kegiatan diseminasi hasil-hasil penelitian melalui seminar dan publikasi ilmiah.
  • Menghasilkan lulusan yang mempunyai ilmu pengetahuan dan kemampuan untuk digunakan sebagai bekal melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.
  • Menghasilkan lulusan yang berkemampuan untuk menjawab berbagai masalah dalam pembangunan pertanian berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional.
  • Menghasilkan lulusan yang berkemampuan untuk menjawab berbagai masalah dalam pembangunan pertanian berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan serta pemasaran dan perdagangan internasional.
  • Menghasilkan publikasi ilmiah hasil-hasil penelitian dalam jurnal-jurnal terindeks nasional maupun internasional atau mendiseminasikan dalam seminar.

Impelementasi pembangunan pertanian berkelanjutan yang adaptif di tengah tekanan problematik sebagaimana telah diuraikan, idealnya dilaksanakan dengan berorientasi pada kesejahteraan ekonomi dan sosial petani, pekerja serta masyarakat sekitar, konservasi sumberdaya pertanian dan optimalisasi nilai tambah ekonomi bagi petani dan pelaku Ekonomi Pertanian pada umumnya. Untuk itu diperlukan eksistensi formulator kebijakan ekonomi pertanian yang handal, praktisi dan manajer (agropreneur), rural societies developer, konsultan, akademisi dan peneliti ekonomi pertanian yang profesional. Kebutuhan atas profil sumberdaya manusia dengan ciri kompetensi tersebut menjadi dasar formulasi visi keilmuan Proram Studi (PS) Magister Ekonomi Pertanian sebagai berikut:

“Mengembangkan dan mendiseminasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kegiatan pembelajaran yang inovatif yang berhubungan dengan Pembangunan pertanian berkelanjutan.”

Sedangkan, kekhasan PS Magister Ekonomi Pertanian :

“Proses pembelajaran di Program Studi Magister Ekonomi Pertanian berorientasi khususnya dalam bidang pembangunan berkelanjutan, ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan, pemasaran dan perdagangan internasional serta Green Agriculture.”

Akreditasi Program Studi

Hasil akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT) No 10957/SK/BAN-PT/AK-ISK/M/IX/ 2021, Program Studi Magister (S2) Ekonomi Pertanian terakreditasi Unggul

News & Announcement

Penandatanganan Kerjasama Strategis antara Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dengan Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) dan Dinas Pertanian…

Fakultas Pertanian Mantapkan Zona Integritas dengan Sosialisasi ZI

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) kembali mengadakan…

Pengumuman ujian MBKM untuk mahasiswa FP

Pengumuman-Ujian-MBKM-untuk-Mahasiswa-PertanianDownload

Pemberitahuan dan permintaan soal UAS semester Genap TA. 2023-2024

PEMBERITAHUAN-DAN-PERMINTAAN-SOAL-UAS-GENAP-2023_2024_FP-UB…

DWP FP UB Raih Juara 2 Lomba Mendongeng Cerita Rakyat Nusantara

Dharma Wanita Persatuan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya…

Kunjungan Tim Pengelola Jurnal Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu ke FP UB untuk Peningkatan Kualitas Jurnal

Dalam rangka meningkatkan kualitas jurnal di Fakultas Pertanian…

Daftar Mata Kuliah yang dibuka di Semester Antara TA. 2023/2024 FPUB

Pengumuman-Semester-Antara_Mata-Kuliah-yang-dibuka_2024…

Kontingen Fakultas Pertanian UB Raih 7 Juara di MTQ  UB XVII

Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (UB) kembali mengukir…

Program Studi Magister Ekonomi Pertanian FP UB Kembali Pertahankan Predikat “Unggul”

Program Studi Magister Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian…

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share