Utusan China ingin Hong Kong kembali ke jalan yang benar

Post Reply
asepx
Maba
Posts: 43
Joined: 15 Jun 2020, 13:15

Utusan China ingin Hong Kong kembali ke jalan yang benar

Post by asepx »

Dia menyebut Hong Kong sebagai mutiara berdasarkan timur dan kota metropolitan internasional.

"Hong Kong telah menaruh kontribusi krusial bagi reformasi dan keterbukaan dan memodernisasi negara kita. China akan selalu sebagai pendukung terkuat Hong Kong," tambah dia.

Penempatannya pada Hong Kong datang kurang berdasarkan sebulan setelah beliau ditugaskan pada Komite Urusan Keunangan & Ekonomi pada badan legislatif China.

Hingga November, Luo menjabat menjadi pejabat tinggi Partai Komunis pada Provinsi Shanxi, di mana dia ditugaskan untuk "membersihkan" wilayah yang terkenal atas taraf korupsinya yg tinggi.

Sebelum ditempatkan pada Shanxi, Luo merupakan pejabat tinggi Partai Komunis di Provinsi Qinghai.

Para analis menafsirkan pengangkatan Luo bukan menjadi harga motor honda tanda akan adanya perubahan perilaku China daratan terhadap protes prodemokrasi, melainkan sebagai "hukuman" bagi Wang.

"Sangat kentara Wang diberhentikan karena tidak dapat menangani kekacauan di Hong Kong. Dia gagal memprediksi, menghentikan, atau membatasi kekacauan akibat gerakan prodemokrasi pada kota itu," celoteh Direktur Newedge Financial Fraser Howie.

Howie menyebut, nir akan terdapat perubahan yang akan dibawa Luo kecuali Presiden Xi Jinping mengizinkan adanya perubahan dalam langkah politik China.

Protes di Hong Kong dipicu sang RUU ekstradisi yang kontroversial. Sejak itu, unjuk rasa meluas sebagai gerakan prodemokrasi. Warga Hong Kong marah atas apa yang mereka nilai menjadi campur tangan Beijing terhadap swatantra kota.

Tiongkok membantah tuduhan campur tangan dan menyalahkan sejumlah negara Barat sebagai pihak yg mengobarkan kerusuhan di Hong Kong.

Kekerasan di Hong Kong dianggap menjadi keliru satu tantangan politik terbesar yang dihadapi Xi semenjak menjabat menjadi presiden dalam 2020.
Post Reply