Prospek Kerja Ilmu Tanah Dan Gajinya

Post Reply
ridwan99
Maba
Posts: 7
Joined: 08 Apr 2020, 03:20

Prospek Kerja Ilmu Tanah Dan Gajinya

Post by ridwan99 »

Bidang ilmu tanah bisanya masuk di bawah Fakultas Pertanian dengan dua konsentrasi yaitu ilmu kebumian dan ilmu pertanian. Prospek kerja ilmu tanah sangat terbuka lebar buat Kamu yang tertarik mempelajari Sistem Informasi Geografis, morgologi tanah, mineralogi dan lain-lain. Setelah lulus sarjana, Kamu memiliki peluang karir sebagai berikut:

1. Tenaga Pendidik

Kamu memiliki prospek kerja sebagai tenaga pendidik di Indonesia baik menjadi dosen atau guru sesuai disiplin ilmu yang dimiliki. Saat ini, ada beberapa PTN di Indonesia yang memiliki program magister ilmu tanah seperti Universitas Andalas dan Universitas Padjajaran. Gaji seorang tenaga pendidik seperti dosen sangat besar mulai gaji pokok jutaan hingga tunjangan dan insentif.

2. PNS

Prospek kerja ilmu tanah sangat terbuka lebar untuk Kamu yang berminat menjadi Pegawai Negara Sipil atau PNS. Kamu bisa menjadi pegawai di Departemen Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, BPN dan masih banyak instansi lain. Gaji pegawai negeri bervariasi tergantung tingkat golongan. Gaji minimal 2-5 juta keatas dengan tunjangan, insentif dan pensiun menanti Kamu.

3. Peneliti

Kalau Kamu ingin mengembangkan ilmu pengetahuan seputar ilmu tanah lebih luas lagi, bisa bergabung menjadi seorang peneliti atau ilmuwan. Kamu bisa bekerja di LIPI, Kemeterian Riset dan Teknologi dan masih banyak lembaga penelitian lain. Soal gaji yang ditawarkan, Kamu bisa mendapatkan kehidupan berkecukupan dengan bayaran mencapai jutaan rupiah per bulan.

4. Konsultan

Prospek kerja di bidang ilmu tanah memang masih terbuka lebar untuk Kamu yang lulus dari bidang ilmu ini. Kamu bisa menjadi konsultan di berbagai bidang seperti pertanian, geografi, lingkungan, geologi, pertambangan dan lain-lain. Gaji seorang konsultan bisa mencapi angka belasan juta rupiah lho!

5. Perusahaan Perkebunan

Seorang lulusan ilmu tanah bisa pula bergabung dengan perusahaan swasta khususnya perusahaan perkebunan. Kamu bisa bergabung dengan perusahaan besar seperti Sinar Mas, PT Perkebunan Nusantara dan lain-lain. Gaji yang ditawarkan tentu sesuai dengan jabatan yang Kamu pegang. Setidaknya Kamu bisa mendapatkan gaji tinggi diatas UMR yang berlaku.

6. Perusahaan Pertambangan

Unocal merupakan contoh perusahaan pertambangan yang bisa menjadi tempatmu bekerja. Kamu bisa menjadi bagian dari staf perusahaan pertambangan dengan nilai bayaran besar mencapai angka jutaan hingga belasan juta rupiah.

7. Perusahaan Hutan Tanaman Industri

Bagi Kamu yang ingin berkarir di sektor swasta, bisa bergabung skripsi ilmu komunikasi pula menjadi bagian perusahaan Hutan Tanaman Industri. Bayaran yang bisa Kamu dapatkan tentu fantastis terkait bidang ilmu yang bisa diterapkan.

8. Perbankan

Seorang lulusan ilmu tanah yang menguasai analisis dan bidang eksakta, bisa bekerja di sektor perbankan lho! Gaji yang ditawarkan tentu sesuai dengan kebijakan bank yang menaungi. Kamu bisa mendapatkan gaji melebihi batas UMR yang berlaku.

9. Wirausaha

Mempelajari ilmu tanah juga bisa mengantarkan Kamu menjadi seorang wirausaha di bidang pertanian, perkebunan dan lain-lain. Tak perlu menuntut gaji sebab Kamu bisa menghasilkan omset sesuai hasil kinerja yang dilakukan. Bisa jadi Kamu bakal mendapatkan penghasilan fantastis.
Post Reply