Sektor Pertanian Miliki Makna Strategis

Post Reply
firmansahadi
Maba
Posts: 21
Joined: 02 Dec 2019, 22:13

Sektor Pertanian Miliki Makna Strategis

Post by firmansahadi »

SEKTOR Pertanian punya arti strategis dalam usaha tingkatkan kesejahteraan warga. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bidang pertanian punya andil besar pada terbukanya lapangan pekerjaan.Bidang pertanian dapat menggerakkan warga punya kehidupan wajar dengan rasio ekonomi yang bertambah.

“Pertanian itu bersolusi langsung pada rakyat. Bicara pertanian surat yasin bermakna kita bicara lapangan pekerjaan. Dari jagung saja dapat 42 tipe, belum juga dari tipe lain. Karena itu, kita harus jadikan pertanian jadi tempat kerja yang baik serta tempatnya beberapa orang jadi kaya raya ,” kata Syahrul di Bali,akhir minggu kemarin.

Syahrul memberikan tambahan sekarang bidang pertanian sedang berjalan pada koridor yang tambah lebih kekinian dengan pendayagunaan skema tehnologi serta mekanisasi. Skema ini masuk di bagian revolusi industri 4.0 dengan piranti yang ada memakai artificial intelligence.

“Jadi, pertanian itu tidak penuh dengan lumpur, atau berkeringat serta lelah. Pertanian saat ini di masa 4.0 cuma duduk manis di kali serta bermain dengan smartphone atau computer,” tuturnya.

Berkaitan bidang pertanian di Bali, Mentan mengharap Bali dapat jadi lokomotif serta pintu gerbang export pertanian. Menurut dia Bali adalah propinsi yang berpotensi pertanian serta peternakan yang besar sekali.

“Pada ini hari sudah di tandatangani tiga buah nota kesepakatan di antara Kementan serta Pemda Bali. Ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan pembangunan pertanian ke arah pertanian yang maju, mandiri, serta modern” ungkapSyahrul.

Gubernur Bali, Wayan Koster mengemukakan jika Propinsi Bali adalah propinsi yang berbasiskan pertanian, serta penyediaan pangan adalah salah satunya program penting sekarang. Suport Kementan untuk tingkatkan produksi serta produktivitas pertanian di Bali dipandangnya penting.

“Bali kaya komoditas pertanian seperti jeruk, salak, kopi, sapi, kambing dan sebagainya.. Ke depan, diinginkan pertolongan Kementan untuk memaksimalkan kekuatan ini,” tuturnya.
Post Reply