Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif

Post Reply
firmansahadi
Maba
Posts: 21
Joined: 02 Dec 2019, 22:13

Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif

Post by firmansahadi »

Kata ekonomi datang dari bahasa Yunani oikos yang bermakna keluarga atau rumah tangga serta nomos yang bermakna ketentuan, ketentuan atau hukum.

Dengan simpel, ekonomi ialah ketentuan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Adam Smith dalam The Wealth of Nations (1776) menerangkan niat mandi wajib ekonomi ialah pengetahuan kekayaan atau pengetahuan yang spesial pelajari sarana-sarana kekayaan satu bangsa.

Ekonomi memfokuskan perhatian dengan spesial pada sebab-sebab material dari kemakmuran seperti beberapa hasil industri, pertanian dan lain-lain.

Sebetulnya apa pemahaman ekonomi kreatif serta industri kreatif?

Diambil dari situs Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, arti ekonomi kreatif mulai diketahui dari buku The Creative Economy: How People Make Money from Ideas (2001) karya John Howkins.

John Howkins mengerti lahirnya gelombang ekonomi baru berdasarkan kreatifitas sesudah lihat Ameria Serikat membuahkan beberapa produk Hak Kekayaan Cendekiawan (HKI) pada 1997.

Beberapa produk HKI Amerika Serikat sampai USD 414 miliar waktu itu hingga jadikan export produk HKI nomor satu di Amerika Serikat.

John Howkins mendeskripsikan ekonomi kreatif jadi terciptanya nilai jadi dari hasil satu inspirasi.

Ekonomi kreatif ialah pekerjaan ekonomi dalam warga yang habiskan sejumlah besar waktunya untuk membuahkan inspirasi, bukan sekedar lakukan beberapa hal yang teratur serta berulang-ulang.

Buat warga kreatif, membuahkan inspirasi adalah hal yang perlu dikerjakan untuk perkembangan.

Menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif ialah satu evolusi ide berdasar asset kreatif yang mempunyai potensi membuahkan perkembangan serta perubahan ekonomi.

Roberta Comunian serta Abigail Gilmore dalam Higher Education and the Creative Economy (2016) menerangkan ekonomi kreatif ialah ide ekonomi baru yang mengintensifkan info serta kreatifitas dengan memercayakan inspirasi serta pengetahuan jadi unsur produksi penting.

Di Indonesia, dalam Bikin Biru Peningkatan Ekonomi Kreatif Nasional 2009-2015 (2008) sudah diterangkan pemahaman ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif ialah masa baru ekonomi sesudah ekonomi pertanian, ekonomi industri serta ekonomi info, yang mengintensifkan info serta kreatifitas dengan memercayakan inspirasi serta pengetahuan dari sdm jadi unsur produksi penting dalam pekerjaan ekonominya.

Menurut Department of Culture, Media and Sport (DCMS) United Kingdom (1998), ekonomi kreatif ialah industri kreatif jadi industri yang punya asal dalam kreatifitas, ketrampilan serta talenta individu, serta yang berpotensi untuk kekayaan serta penciptaan lapangan kerja lewat generasi serta eksploitasi kekayaan cendekiawan serta content.

Menurut Departemen Perdagangan Republik Indonesia (2008), industri kreatif ialah industri yang datang dari pendayagunaan kreatifitas, ketrampilan dan talenta individu untuk membuat kesejahteraan dan lapangan pekerjaan lewat penciptaan serta pendayagunaan daya kreasi serta daya cipta individu itu.

Menurut DCMS UK (1998), industri kreatif adalah industri yang datang dari kreatifitas individu, ketrampilan serta talenta yang dengan prospek membuat kekayaan serta lapangan pekerjaan lewat eksploitasi serta pembangkitan kekayaan cendekiawan serta daya cipta individu.

Industri kreatif adalah sisi atau subsistem dari ekonomi kreatif, yang terbagi dalam core creative industry, forward linkage creative industry serta backward linkage creative industry.

Di bawah ini penuturannya:

1. Core creative industry

Core crative industry ialah industri kreatif yang penciptaan nilai lebih intinya dengan manfaatkan kreatifitas orang kreatif.

Core creative industry memerlukan input berbentuk output dari industri yang lain.

2. Backward linkage creative industry

Backward creative industry ialah industri sebagai input buat core creative industry.

3. Forward creative industry

Forward linkage creative industry ialah output dari core crative industry sebagai input buat industri yang lain.

Ekonomi kreatif terkait erat dengan industri kreatif. Tetapi ekonomi kreatif punya lingkup yang lebih luas dari industri kreatif.

Ekonomi kreatif adalah ekosistem yang punya jalinan ketergantungan di antara rantai kreatif (creative value chain), lingkungan peningkatan (nature environment), pasar (market) serta pengarsipan (archieving).

Ekonomi kreatif bukan sekedar berkaitan dengan penciptaan nilai lebih dengan ekonomi, dan juga penciptaan nilai lebih dengan sosial, budaya serta lingkugnan.

Oleh karenanya, ekonomi kreatif bisa tingkatkan daya saing, serta tingkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia.
Post Reply