Cegah Tanaman Padi Diserang Hama, Ini Upaya PPL di Pessel

Post Reply
asepx
Maba
Posts: 12
Joined: 15 Jun 2020, 13:15

Cegah Tanaman Padi Diserang Hama, Ini Upaya PPL di Pessel

Post by asepx »

Petani di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, merasakan impak berdasarkan adanya agresi hama dan penyakit tumbuhan akhir-akhir ini. Apalagi ketika ini tanaman padi memasuki masa-masa mulai berbuah, sehingga sangat rentan tewas bila dilanda hama.

Yuherkal, petani di Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan, mengatakan, waktu ini upaya yg dilakukan artinya melakukan penyemprotan, supaya penyakit tanaman dan hama-hama tersebut tewas dan pulang menurut tempat persawahan. Namun hal itu baru semacam langkah mencegah agresi hama saja, & bukan berarti akan aman dari ancaman hama tersebut.

“Saya itu, bila nampak terdapat hama misalnya harga motor yamaha walang sangit atau pun tikus, saya lakukan penyemprotan dulu. Kalau buat tikusnya, palingan melakukan pencucian rumput-rumput yang tumbuh di antara flora padi,” katanya, Senin (15/6/2020).

Menurutnya, jika nir segera diantisipasi penyebaran hama dan penyakit flora itu, mampu-mampu bakal terjadi gagal panen. Sehingga para petani yang menunggu panen dari 3 hingga 4 bulan pun, harus mengalami kerugian.

Banner Lomba Vlog

“Kita petani ini menikmati hasilnya memiliki waktu 3 bulan. Makanya wajib serius dan penekanan memantau kondisi padi. apabila abai, mampu merugi,” tegasnya.

Sementara itu, melihat adanya syarat yg demikian, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan turut turun langsung melakukan gerakan pemantauan dan pengendalian flora padi sawah menurut serangan hama & penyakit tumbuhan tersebut.
Kepala Dinas Pertanian,Tanaman Pangan & Hortikultura, Pesisir Selatan, Nuzirwan belum usang ini. -Foto: Dok/M. Noli Hendra

Saat dikonfirmasi pada Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Nuzirwan, mengatakan, buat menaikkan produktivitas pertanian, tentu aneka macam upaya perlu dilakukan misalnya pencegahan hama dan penyakit tumbuhan.

HM Soeharto

Terkait hal itu, petani hendaknya pula proaktif melaporkan jika terjadi serangan hama dan penyakit flora kepada penyuluh pertanian lapangan (PPL) di daerahnya buat diambil langkah pencegahan.

Di sisi lain, pihaknya meminta PPL supaya aktif memantau kondisi flora petani di lapangan, sekaligus melakukan komunikasi secara intensif dengan petani buat mengetahui apa yg mereka butuhkan.

Dikatakannya, waktu ini petugas tengah melakukan pemantauan dan pengecekan pada sejumlah sawah di Pesisir Selatan. Dari pemantauan ini, akan terdapat semacam penyuluhan cara buat mengatasi berkembangnya hama dan ancaman penyakit flora itu.

“Ya, kita terus menaikkan gerakan pemantauan & pengendalian flora padi sawah dari serangan hama & penyakit,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya jua melakukan peningkatan kapasitas energi PPL yang ada di setiap kecamatan melalui training, sebagai akibatnya dapat melaksanakan tugas dan fungsi menjadi mestinya.

Selanjutnya, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan terus mendorong petani supaya meningkatkan Luas Tambah Tanam (LTT) buat mewujudkan swasembada & kedaulatan pangan nasional.

Disebutkan, huma sawah beririgasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan juga terus dioptimalisasi buat menggenjot produksi padi yang menjadi asal ekonomi masyarakat.

“Lahan sawah beririgasi itu tetap menerima perhatian, di mana pemkab mengupayakan lahan tadi digarap secara aporisma untuk flora padi yg dalam gilirannya menaikkan ekonomi warga Pesisir Selatan,” sebutnya.
Post Reply