Mengenal Hama Utama Tanaman Lada di Bumi Serumpun Sebalai

Post Reply
firmansahadi
Maba
Posts: 21
Joined: 02 Dec 2019, 22:13

Mengenal Hama Utama Tanaman Lada di Bumi Serumpun Sebalai

Post by firmansahadi »

Lada adalah satu diantara tanaman yang sempat jadi diva buat petani di Bumi Serumpun Sebalai Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, karena mempunyai keunggulan rasa serta aroma yang ciri khas dan harga jualnya yang relatif mahal hingga benar-benar memberikan keuntungan untuk dibudidayakan. Tetapi beberapa waktu paling akhir ketertarikan petani untuk berupaya tani lada alami penurunan, ini dikarenakan faktor-faktor salah satunya harga jual lada yang makin murah, pengendalian kebun lada masih dikerjakan dengan tradisionil, karena serangan hama serta penyakit yang susah untuk ditangani oleh petani.

Serangan hama serta penyakit jadi satu diantara unsur pemicu turunnya produksi lada di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Aplikasi tehnologi budidaya lada ramah lingkungan serta berkepanjangan dengan pas serta benar mutlak dibutuhkan buat mendesak serangan hama serta penyakit tanaman itu. Biasanya kerusakan tanaman lada karena penyakit semakin besar dibanding dengan serangan hama. Tetapi serangan hama pada tanaman lada tidak dapat dipandang remeh sebab bisa turunkan ucapan tahun baru produksi lada serta kehilangan hasil yang lumayan tinggi. Kenal type hama yang menyerang tanaman lada adalah satu diantara langkah atau aksi buat tahu seterusnya perlakuan yang pas untuk pengaturan hama itu hingga pengaturan hama semakin lebih pas target serta efektif. Ada tiga type hama penting yang seringkali menyerang tanaman lada di Bumi Serumpun Sebalai yakni penggerek batang, penghisap bunga serta penghisap buah.

Hama Penggerek Batang

Penggerek batang adalah hama type serangga yang paling bikin rugi diketahui dengan panggilan kumbang moncong lada (Lophobaris piperis). Hama ini menyerang sisi batang, bunga, buah, daun muda serta puncak tanaman lada. Larva yang hidup akan menggerek sisi dalam sulur panjang/batang serta mengakibatkan tanda-tanda layu di bagian atas tanaman, selanjutnya jadi kering serta gampang patah. Pada buah serangan akan mengakibatkan buah gugur atau ukuran buah jadi tidak normal. Larva semakin lebih banyak didapati pada musim hujan serta akan menyusut pada musim kemarau. Saat pembungaan serta pembuahan karena itu populasi kumbang dewasa akan makin bertambah yang berlangsung di akhir musim hujan. Kumbang dewasa akan kelihatan pada sore dan pagi hari, sedang pada siang hari umumnya kumbang akan bersembunyi di kanopi tanaman lada sebab menghindarkan matahari.

Pengaturan bisa dikerjakan dengan beberapa tehnik salah satunya

1. Dengan mekanik.

Yakni dengan memangkas serta menghancurkan batang atau cabang yang terinfeksi. Sisa potongan pemotongan ditutup dengan lilin atau dioles insektisida.

2. Dengan Kultur Tehnik

Dengan memotong tajar hidup serta penataan naungan.

Cari serta menghancurkan kumbang dewasa pada sore dan pagi hari.

Menanam tanaman penutup tanahPembersihan/penyiangan rumput dengan hanya terbatas di sekitar tanaman lada.

3. Dengan Kimiawi.

Yakni dengan mengimplementasikan insektisida memiliki bahan aktif dimethoate 0.05% atau memiliki bahan aktif cypermetrin (EC 16%).

4. Dengan Resapi.

Yakni dengan pendayagunaan lawan alami hama penggerek batang yakni serangga Spathius piperis, serangga Eupelmus curcullionis serta Aplikasi jamur Beauveria bassiana

5. Pemakaian varietas toleransi.

Hama Pengisap Bunga

Kehilangan hasil karena serangan hama penghisap bunga di Bumi Serumpun Sebalai sekitar di antara 7 – 37 persen (IPC, 2013). Umumnya hama ini disebutkan dengan enduk enduk kapal terbang. Hama ini menyerang buah, bunga serta daun tanaman lada. Bunga yang telah disedot oleh hama ini akan mengakibatkan tanda-tanda berwarna coklat kehitaman serta akan menyebabkan ketidakberhasilan pembentukan buah, seterusnya bunga jadi kering serta gugur. Serangan hama ini akan berlangsung selama saat pembungaan tanaman lada.

Pengaturan bisa dikerjakan dengan 3 langkah yakni

1. Dengan mekanik

Dengan lakukan pemotongan tajar hidup dengan teratur untuk kurangi serangan hama

2. Dengan kimiawi

Penyemprotan memakai insektisida memiliki bahan aktif carbaryl 0.2 persen atau diazionon 0.2 persen.

3. Dengan resapi

Dengan pendayagunaan lawan alami yakni aplikasi Beauveria bassiana dengan kosentrasi 10 g/l serta atau aplikasi ekstrak tanaman nimba.

Hama Pengisap Buah

Di Propinsi Bangka Belitung serangga hama ini lebih diketahui dengan panggilan simunyung, dengan sisi tanaman yang terserang ialah buah. Serangga dewasa berwarna hijau kecoklatan dengan ukuran panjang 12-13 mm ucapan tahun baru 2020 serta bisa hidup sepanjang ± 3 bulan. Hama ini mengakibatkan kerusakan buah dengan mengisap cairan buah hingga mengakibatkan buah jadi hampa/kosong, serta pada akhirnya jadi kering serta gugur. Serangan pada buah muda akan menyebabkan tandan buah jadi banyak yang kosong, serta serangan pada buah yang tua mengakibatkan buah jadi kering.

Pengaturan bisa dikerjakan dengan 3 langkah yakni

1. Dengan kultur tehnik

Yakni dengan menanam tanaman penutup tanah serta lakukan penyiangan dengan hanya terbatas pada seputar tanaman.

2. Dengan kimiawi

Penyemprotan bisa dikerjakan memakai insektisida yang sama juga dengan hama penghisap bunga.

3. Dengan resapi

Dengan pendayagunaan lawan alami yakni aplikasi Beauveria bassiana serta pendayagunaan lawan alami yakni serangga Anastatus dasyni, Gryion sp. serta Oencryrtus malayensis.
Post Reply