Macam Macam hama dan penyakit pada tumbuhan

Post Reply
raniaja
Maba
Posts: 1
Joined: 24 Dec 2019, 06:32
Contact:

Macam Macam hama dan penyakit pada tumbuhan

Post by raniaja »

Padi adalah makanan bahan makanan inti untuk rakyat Indonesia. Sejumlah penduduk kita ada yang gunakan bahan makanan inti lainnya seperti sagu, jagung serta sorghum. Namun padi lebih menguasai serta lebih terkenal dibandingkan dengan bahan makanan inti lainnya walaupun harga tambah mahal.

Untuk membuat padi yang bagus karenanya dibutuhkan pun bibit yang unggul namun juga program penanaman padi yang bagus. Tetapi adanya bibit baru itu menyebabkan timbulnya hama-hama tanaman baru. Hama serta penyakit padi sangatlah bermacam, selain elemen lingkungan (curah hujan, suhu serta musim) sangatlah pengaruhi pada produksi padi. Hama padi sangatlah pengaruhi nama perempuan produksi padi serta kualitas padi. Perihal ini mengakibatkan beberapa petani kesukaran untuk menambah kesejahteraan hidup mereka. Karenanya mesti dilaksanakan penyuluhan tentang hama serta penyakit yang menyerang tanaman padi.

Di bawah ini yakni sejumlah hama-hama yang menyerang tanaman padi menurut Kartaspoetra ke tahun 1993, misalnya bagaikan
Hama Sundep

Hama dengan nama latin Scirpophaga innotata berkembang di wilayah pantai serta pedalaman yang punya ketinggian 200 mtr. di atas permukaan laut. Hama ini ada dari telur-telur yang dibawa oleh kupu-kupu kecil bewarna putih. Kupu-kupu itu mengerjakan invasi disaat musim hujan yang berlangsung ke bulan Oktober-November. Telur-telur itu menetas berubah menjadi ulat yang menyebabkan kerusakan padi.

Hama ini menyerang daun padi muda yang mengakibatkan daun menguning serta makin lama dapat mati. Untuk mengatasi hama ini bisa dilaksanakan dengan cara-cara misalnya dengan memusnahkan dan memberantas telur sebelum menetas atau bisa saja dengan disemprot obat pestisida.

Ulat penggerek

Ulat penggerek atau Scahunobius bipunctifer yakni hama yang menyebabkan kerusakan batang padi yang masih tergolong muda yang lunak. Metode untuk mengatasi hama ini yakni dengan metode gunakan obat insektisida.

Hama Wereng coklat

Nama latin dari hama wereng coklat yakni Nilapervata lungens. Hama ini tetap mengisap cairan serta air dari batang padi muda atau bulir-bulir buah padi yang masih lunak. Hama wereng hidup di habitat yang lembab, gelap serta teduh. Pembasmian hama ini bisa dilaksanakan dengan nama bayi perempuan gunakan insektisida serta mengatasi bibit-bibit wereng dengan membakarnya.

Hama Wereng hijau

Hama yang punya nama latin Nephotettix apocalis ini menyebabkan kerusakan kelopak serta urat-urat ke tanaman padi. Hama wereng hijau miliki alat penghisap yang kuat ke moncongnya.

Pembasmian hama ini bisa dilaksanakan lewat cara gunakan obat insektisida, perputaran tanaman, pembunuhan hama serta perangkap lampu jebak.

Lembing hijau

Lembing hijau punya nama latin Nezara viridula serta berkembang di wilayah beriklim tropis. Hama lembing hijau hidup dengan berkoloni. Serangan hama ini tidaklah sampai menghampakan padi, tetapi efeknya membuat kualitas padi berubah menjadi buruk. Hama ini bisa dibasmi dengan gunakan insektisida sesuai dengan ketentuan.

Walang sangit

Walang sangit yakni binatang yang berbau menusuk. Hama ini hidup bersembunyi di rerumputan serta berinvasi ke tanaman padi muda disaat berbuah. Pemberantasan hama ini dilaksanakan ke malam hari gunakan lampu petromak dengan umpan katak, ketan serta menggunakan insektisida.

Hama putih

Hama ini miliki nama latin Nymphula depunctalis. Hama putih menyerang serta bergelantungan ke daun padi sampai daun berwarna keputih-putihan. Hama ini punya pembawaan semi aquatil (gantungkan hidup ke air untuk bernafas dengan udara). Pemberantasan hama ini bisa dilaksanakan dengan gunakan insektisida yang ramah lingkungan.

Ganjur

Hama yang punya nama latin Pachydiplosis oryzae berkembang di wilayah persawahan di China, India, serta Asia Tenggara. Hama ganjur menyerang tanaman padi yang penanamnya telat, seputar bulan Februari serta April. Hama ini menempatkan telur-telurnya ke kelopak daun padi. Telur-telur itu selanjutnya bisa jadi larva yang bergerak ketujuan serta masuk batang padi. Hama itu menyerang padi dengan membuat daun berubah menjadi selongsong serta makin lama padi dapat mati disebabkan tidak bisa berfotosintesis. Metode untuk menanggulanginya yakni dengan mengontrol pengairan janganlah sampai padi terbenang serta disinari dengan lampu petromak. Untuk pemberantasan hama ganjur bisa disemprot gunakan pestisida dengan dosis pas dengan teratur.
Post Reply