Julli, Sekolah Zona Hijau Boleh Buka

Post Reply
melayuliani
Maba
Posts: 4
Joined: 16 Jun 2020, 09:13

Julli, Sekolah Zona Hijau Boleh Buka

Post by melayuliani »

Kepastian soal pembukaan sekolah akhirnya terjawab. Pemerintah memperbolehkan sekolah balik dibuka.

Tapi, hanya buat satuan pendidikan pada wilayah Zona Hijau. Dimulainya kegiatan belajar mengajar secara tatap muka ini bisa dilakukan paling cepat pertengahan Juli 2020. Hal ini sejalan dengan dimulainya tahun ajaran baru 2020/2021.

Merespon kebijakan Mendikbud, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menyampaikan sebagai daerah yang masih berstatus zona kuning menggunakan level waspada III, maka pembelajaran tatap muka tidak boleh dilakukan.

“Kami di wilayah sangat putusan bulat dengan kebijakan kemendikbud buat menahan aplikasi sektor pendidikan sampai situasi sahih-sahih aman,” ucapnya.

Sama halnya menggunakan Kota Bogor, Kabupaten Bogor juga nir akan membuka sekolah pada ketika dekat, karena status wilayahnya yg masih pada zona kuning.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Atis Tardiana mengungkapkan, pihaknya akan mengikuti keputusan apa pun dari Kemendikbud. Pendidikan bagi anak-anak sekolah akan menyesuaikan dengan syarat pandemi.

“Kabupaten Bogor yg masih zona kuning tentunya menyesuaikan permanen menggunakan pembelajaran berdasarkan rumah,” bebernya kepada Radar Bogor, Senin (15/6/2020).

Kendati demikian, ia tetap berharap kondisi ke depannya akan bisa berubah. Itu jika status Kabupaten Bogor bisa membaik & berubah menjadi zona hijau. Dengan begitu, tahun ajaran baru mampu dilaksanakan dengan tatap muka.

“Untuk sementara, kita maksimalkan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) secara online. Tidak ada berubah, sinkron jadwal,” pungkasnya.

Sama halnya menggunakan sekolah, perkuliahan Bogor pula masih akan dilakukan secara daring. Salah satunya IPB University. Kondisi pandemi Covid-19 yg masih berlangsung & belum bisa dipastikan masa berakhirnya mendorong IPB tetapkan kebijakan penyelenggaraan perkuliahan daring pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021.

Wakil Rektor Bidang Akademik & Kemahasiswaan IPB University, Drajat Martianto mengatakan, kebijakan ini dikeluarkan pihak kampus menggunakan mempertimbangkan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengenai Pembelajaran secara Daring dan Bekerja berdasarkan Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Tak hanya itu, mengacu pula pada Surat Edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara pada Tatanan Normal Baru, Surat Edaran Sekjen Kemendikbud mengenai Sistem Kerja Pegawai Kemendikbud dalam Tatanan Normal Baru, serta Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, mengenai Masa Belajar Penyelengaraan Program Pendidikan.

Terkait penyelenggaraan kegiatan akademik acara Sarjana selama masa pandemi & transisi menuju kenormalan baru, perkuliahan semester 1, 3 dan lima akan dilaksanakan secara daring. Demikian jua perkuliahan dan praktikum Program Vokasi, Magister dan Doktor dilaksanakan secara daring.

“Sementara untuk acara Pendidikan Profesi Dokter Hewan, Profesi Dietisien & Profesi Insinyur menurutnya perkuliahan bisa dilakukan secara tatap muka mulai 31 Agustus 2020 menggunakan mengikuti protokol/pedoman puasa pencegahan Covid-19 yg ditetapkan sang Tim Crisis Center IPB University,” ujar Drajat.

Pada acara studi sarjana tertentu, perkuliahan semester 7 dilakukan secara daring sampai UTS berakhir dan setelah UTS bisa dilakukan secara tatap muka dengan aktivitas prioritas berupa praktikum, penelitian laboratorium atau pelatihan keahlian eksklusif sinkron tujuan pembelajaran berdasarkan kurikulum masing-masing program studi.

“Untuk acara studi Pascasarjana khususnya semester 2-3 (Program Magister) atau setelahnya & semester 4-lima atau setelahnya yg masih mengambil kuliah (Program Doktor) yg memerlukan pertemuan tatap muka kegiatan praktikum/peningkatan keahlian sehabis UTS berakhir dapat melaksanakannya dengan ketentuan mengikuti protokol pencegahan COVID-19 yg berlaku, ” tambahnya.

Mengenai aktivitas kemahasiswaan selama alih semester Genap-Ganjil 2019/2021 dan semester Ganjil 2020/2021 buat mahasiswa acara multistrata, berbagai aktivitas kemahasiswaan bisa dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan media kreatif/teknologi informasi. Masa Perkenalan Mahasiswa Baru pun akan dilaksanakan secara daring.
Post Reply