Kepala BNPB Sebut Tanaman Vertiver Mampu Atasi Longsor

Post Reply
firmansahadi
Maba
Posts: 21
Joined: 02 Dec 2019, 22:13

Kepala BNPB Sebut Tanaman Vertiver Mampu Atasi Longsor

Post by firmansahadi »

Pada Minggu, 5 Januari 2020, Presiden Joko Widodo mengevaluasi musibah tanah longsor di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi sempat bertanya tentang langkah mencegah longsor pada Kepala BNPB Doni Monardo.

"Pak Doni, apa yang perlu dikerjakan niat puasa (untuk menahan longsor),” kata Jokowi.

Kepala BNPB Doni Monardo juga menjawab diantaranya yaitu kembalikan peranan tempat dengan menanam vertiver.

Lalu, apakah itu vertiver?

Kenal vertiver

Merilis dari dokumentasi Litbang Pertanian, Vertiver atau yang sering dikatakan sebagai akar wangi punya nama ilmiah Vetiveira zizanioides L atau Andropogon murica.

Tumbuhan ini adalah tanaman yang punya bentuk rumpun dengan perakaran rimbun.

Vertiver umumnya tumbuh lurus ke tanah serta terhitung kelompok rumput dengan tinggi 0,5 sampai 1,5 mtr..

Vertiver tahan pada logam berat, salinitas, serta bisa tumbuh pada pH di antara 3 sampai 11.5.

Berikut yang membuat vertiver atau akar wangi sering dipakai untuk merehabilitasi keadaan fisik serta kimia tanah yang rusak.

Diluar itu, perakarannya yang rimbun dapat dipakai untuk meredam erosi.

Tidak bingung bila selanjutnya rumput vertiver ditanam jadi tanaman pagar yang dipakai untuk penanaman kontur seperti pengaturan erosi di tepian, berjalan-jalan, reklamasi tanah, pengaturan banjir dan produksi biomassa.

Pendayagunaan lain vertiver sebagai tanaman yang akarnya membuahkan minyak mendasar fiksatif untuk bahan sabun, kosmetik serta minyak wangi.

Akar vertiver dapat juga digunakan jadi bahan untuk bikin keranjang, tikar, kipas angin, tenda, kantong sachet serta kerajinan anyaman lain.

Tanaman akar wangi adalah tanaman asli dari India serta Sri Lanka. Dia tumbuh di ketinggian 600 sampai 2.500 m di atas permukaan laut (mdpl).

Akar wangi disebutkan dapat dipakai untuk fitoremediasi.

Fitoremediasi adalah usaha pemakaian tanaman buat menangani dekontaminasi sampah.

Seperti menghindari efek yang diakibatkan oleh kerancuan logam dari alam (geochemical) serta karena tingkah manusia (antropogenic).

Di Australia, tanaman ini disebutkan sudah sukses dipakai untuk memantapkan pertambangan yang benar-benar tulis, sodik atau tailing dari tambang batubara serta emas.

Vertiver pun tidak dipengaruhi oleh keadaan kekeringan atau banjir.

Dia toleransi juga dengan panas, pH tanah yang ekstrim, toksisitas AL serta MN, serta beberapa logam seperti As, Cd, Cu, Cr, serta Ni hingga dilihat pas untuk dipakai jadi tanaman fitoremediasi.

Vetiveriae zizanoides L terbagi dalam dua tipe yaitu tipe piaraan dari India Selatan yang pas untuk pengaturan erosi, dan tipe liar dari India Utara yang dapat menebar serta jadikan permasalahan buat petani.
Post Reply