Page 1 of 1

Raperda Pesantren disepakati

Posted: 16 Jun 2020, 09:30
by melayuliani
Usulan pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) mengenai Pesantren yg sudah disepakati oleh DPRD Jawa Barat (Jabar) pada Senin (8/6/2020) lalu, menerima perhatian khusus menurut organisasi kemahasiswaan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Provinsi Jawa barat (Jabar).

Ketua Umum Pengurus Koordinator Cabang (PKC) PMII Jabar, Fachrurizal mengatakan, pihaknya mengapresiasi penuh atas disepakatinya Raperda tentang Pesantren.

Ia menilai, Raperda tersebut adalah tanda bahwa Pemprov Jabar mempunyai niatan mulia terhadap Pondok Pesantren.

"Kita sangat mengapresiasi langkah yang diambil niat mandi wajib sang pemerintah atas disepakatinya Raperda mengenai pesantren tersebut," ujar Fachrurizal dalam informasi resmi PMII Jabar yang diterima Redaksi PRFM, Senin (15/6/2020).

Ia menjelaskan, apabila rencana Pesantren & pemerintah bisa disinergikan secara positif, hal tersebut sanggup membantu pada mencapai target perencanaan strategis jangka menengah dan jangka panjang Pemprov Jabar.

"Selama ini Pesantren terbukti secara berdikari menjalankan tiga pola usaha secara sekaligus pada satu waktu yang bersamaan, mulai dari Pendidikan, Dakwah Islam Moderat, dan Pemberdayaan rakyat sekitar", ucap Fachrurizal.

Ia pula mengingatkan agar pemprov Jabar untuk menciptakan hubungan yg ramah terhadap pesantren.

"Kita berharap agar pemerintah mampu membentuk hubungan yg ramah dan konstan dengan pesantren. Jangan sampai, hubungan yang dibangun antara pemprov dengan pesantren hanya terjalin ketika terdapat momen politik seperti Pilkada, atau momen aksidental saja, misalnya aksi terorisme, radikalisme dan intoleransi" tuturnya.