Kontainer Flat Rack / Flat Rack Container Adalah ?

Post Reply
aryana
Maba
Posts: 1
Joined: 02 Feb 2021, 16:23

Kontainer Flat Rack / Flat Rack Container Adalah ?

Post by aryana »

Kontainer flat rack (flat rack container) atau kadang-kadang di cari orang dengan penyebutan yang salah flat track container. Adalah jenis kontainer khusus dengan dinding / penutup hanya di bagian ujung belakang atau depan. Inilah sebabnya mengapa peti kemas ini digunakan ketika akan membawa muatan yang besar dan harus dimuat dari atas atau dari samping karena ukuran yang berbeda atau muatan yang bentuk dan ukuran nya tidak normal.

Selengkapnya cek di : https://kontainerindonesia.co.id/produc ... container/

Kontainer jenis ini sering digunakan untuk pengiriman kargo berat atau besar seperti mesin, kayu, pipa, bus, kapal, dll yang tidak dapat di kirim dengan kontainer standar. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang container serbaguna ini.

Kontainer flat rack tersedia dalam ukuran standar 20 kaki (20 feet) atau 40 kaki (40 feet). Kontainer ini terbuat dari baja dengan lantai kayu yang kuat. Ini pilihan ideal untuk pengirim barang yang besar, flat rack ideal untuk mengangkut beban berat yang sulit dimuat pintu kontainer standar.
Kontainer ini memiliki banyak cincin pengikat (lashing rings) yang dipasang di beberapa bagian. Dengan kapasitas muat hingga 2.000 kg (untuk 20 kaki) dan hingga 4.000 kg (untuk 40 kaki).

Flat rack Non Lipat (fixed end) - Memiliki dinding bagian depan dan belakan yang permanen , hal ini memberikan konstruksi yang lebih kokoh dan kekuatan yang lebih tinggi

Flat rack Lipat (Collapsible end) - Memiliki dinding bagian depan dan belakang yang dapat dilipat, yang membuatnya lebih mudah untuk disimpan dan dikirim.

Saat dalam kondisi kosong, flat rack dapat ditumpuk satu sama lain (seperti rak) menjadikannya hemat ruang dan mudah dipindahkan. Hal yang menyenangkan dari kontainer ini adalah bahwa 4 flat rack yang dapat dilipat, setelah dilipat dan ditumpuk, menempati ruang atau mempunyai volume yang sama dengan satu kontainer standar. Sebagian besar kontainer diproduksi dengan ukuran standar yang ditetapkan oleh Standar (ISO), namun, beberapa kontainer dapat bervariasi tergantung pada pabrikan dan usia kontainer.

Karena tidak ada dinding bagian samping atau dinding bagian atas pada kontainer flat rack, kontainer ini dapat memuat berbagai jenis muatan berat dengan berbagai ukuran dan bentuk. Flat rack digunakan untuk mengirimkan kargo besar, seperti peralatan konstruksi, crane, pipa, mobil, baja, dll.
Jadi, jangan ragu untuk memuat kontainer ini dengan kargo berukuran unik yang membutuhkan wadah khusus (berdasarkan kapasitas berat kontainer).

Kontainer flat rack adalah salah satu kontainer paling serbaguna untuk pengiriman dan transportasi, yang merupakan bagian penting dari beberapa industri seperti batu bara, pertambangan, konstruksi, minyak dan gas (oil and gas), dll. Berkat struktur khusus dan transportasi yang mudah.

Refrensi artikel ini dibuat oleh : https://en.wikipedia.org/wiki/Intermodal_container
Post Reply