Diberitaukan kepedan seluruh mahasiswa yang sedang mengambil magang kerja tahun ajaran 2021-2022 berikut dibawah ini ketentuan magang kerja yang perlu dicermati

TTD Pengelola Magang Kerja FP UB

KETENTUAN MAGANG KERJA PADA MASA PANDEMI COVID-19
DI FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS BRAWIJAYA
TAHUN AJARAN 2021/2022

Berdasarkan Surat Edaran Rektor Nomor: 6237/UN10/TU/2021 tentang Perkuliahan Tahun Akademik 2021/2022 dan Surat Dekan Nomor: 3176/UN10.F04/PP/2021 tentang Permohonan penghentian kegiatan magang reguler off-line di masa lonjakan Covid-19 maka pelaksanaan magang di Fakultas Pertanian Unversitas Brawijaya ditetapkan dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Bentuk Magang ditentukan dalam:

a. Magang online (daring)

Merupakan kegiatan magang di instansi mitra magang Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang dapat dilakukan oleh mahasiswa peserta magang dari tempat tinggal asal mahasiswa, dengan memenuhi ketentuan sebagai berikut:

  • Penetapan topik magang, bentuk kegiatan dan pencapaian magang online diarahkan dan dibimbing oleh dosen pembimbing dan pembimbing lapangan;
  • Kegiatan magang yang dilaksanakan mencakup keilmuan di bidang pertanian dengan tetap mempertimbangkan ketercapaian aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif

b. Magang Mandiri

Merupakan kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa peserta magang secara mandiri di tempat asal mahasiswa, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Bentuk kegiatan magang sepenuhnya diserahkan kepada dosen pembimbing dengan ketentuan secara spesifik umum yang akan diberikan diatur oleh masing-masing jurusan;
  • Dosen pembimbing memberikan bimbingan dan arahan terhadap perencanaan dan pelaksanaan kegiatan magang;
  • Kegiatan magang yang dilaksanakan mencakup keilmuan di bidang pertanian dengan tetap mempertimbangkan ketercapaian aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif.

2. Penyusunan Rencana Kegiatan:

Mahasiswa menyusun rencana kegiatan secara  ringkas minimal 2 halaman yang berisi judul, identitas, latar belakang, tujuan, deskripsi kegiatan, dan timeline yang telah disetujui oleh dosen pembimbing.

3. Pelaksanaan Magang:

a. Pelaksanaan magang kerja tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat;
b. Pelaksanaan magang memenuhi beban kredit 4 sks atau setara dengan waktu minimal 2 bulan;
c. Batas akhir pelaksanaan kegiatan magang adalah pekan pertama bulan Nopember 2021;
d. Mahasiswa menyusun logbook dan/atau laporan kegiatan mingguan

4. Output Magang, terdiri atas:

a. Aktivitas magang secara mingguan dilaporkan dalam bentuk logbook dan/atau laporan mingguan dan dikirimkan ke dosen pembimbing dan pengelola magang;
b. Laporan magang, merupakan dokumentasi tertulis pelaksanaan magang disajikan sesuai format yang telah ditetapkan oleh pengelola magang;
c. Video hasil pelaksanaan magang yang disajikan secara informatif berdurasi antara 46 menit.

5. Ujian magang dilaksanakan bersama dosen pembimbing sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pengelola magang.

6. Penilaian magang terdiri dari komponen: rencana kegiatan, pelaksanaan magang, laporan magang, ujian magang, video pelaksanaan magang.

7. Upaya mengatasi permasalahan magang yang dihadapi mahasiswa dilakukan dengan mengadakan Crisis Center di setiap pengelola magang jurusan.