• Aspirasitani
  • Berita FP
  • Gapura UB
  • UB Official
  • Berita UB
Fakultas Pertanian
  • Home
  • Profil
    • Visi, Misi, Tujuan & Maklumat
    • Sejarah
    • Manajemen
    • Sumber Daya Manusia
      • Statistik Pegawai
    • Akreditasi
    • Denah Lokasi
  • Pendidikan
    • Pengumuman Akademik
    • Penerimaan Mahasiswa
    • Sistem Pendidikan
    • Departemen
      • Budidaya Pertanian
      • Hama & Penyakit Tumbuhan
      • Tanah
      • Sosial Ekonomi Pertanian
      • Ilmu Pertanian
    • Program Studi
      • Sarjana
        • Agroekoteknologi
        • Agribisnis
        • Kehutanan
      • Magister
        • Agronomi
        • Pengelolaan Tanah dan Air
        • Ekonomi Pertanian
        • Agribisnis
        • Sosiologi
        • Patologi Tumbuhan
        • Entomologi Pertanian
      • Doktor
        • Ilmu Pertanian
    • Pedoman Akademik & Non Akademik
    • Kalender Akademik
    • Jadwal Kuliah
    • Data Akademik
    • Magang Reguler
    • KKN
    • MBKM
  • Penelitian & Pengabdian
    • Organisasi BPP
    • Kerjasama
    • Hasil Penelitian & Pengabdian
    • Informasi Penelitian & Pengabdian
    • Template BPPM
  • Kemahasiswaan
    • Organisasi Kemahasiswaan
    • Prestasi
    • Alumni
    • Beasiswa
    • Wisuda
    • Tracer Study
  • Penjaminan Mutu
    • Organisasi Penjaminan Mutu
    • Standar Operasional Prosedur
    • Sistem Dokumen
      • Renstra
      • Peraturan Dekan
      • Manual Mutu
    • Tinjauan Manajemen
    • Indeks Kepuasan Masyarakat
    • Capaian Kinerja
    • Unit Etik
  • Layanan
    • Maklumat Pelayanan
    • Aspirasitani (Lapor Keluhan)
    • Maklumat Aksesibilitas Website
    • Unit Layanan Terpadu
    • Sistem K3L
    • ULTKSP
    • Fasilitas & Sarana Prasarana
      • Layanan Disabilitas
      • Meja Layanan & Ruang Tunggu
  • Informasi
    • Zona Integritas
    • Daftar Informasi
      • Daftar Informasi Publik
      • Daftar Informasi Dikecualikan
      • Permohonan Informasi Publik
      • Pengajuan Keberatan Jawaban Permohonan Informasi Publik
      • Reasisasi Anggaran
    • Sistem Informasi Pengadaan
    • Narahubung & Lokasi
    • Galery
  • FAQ
  • id
    • en
    • id
  • Click to open the search input field Click to open the search input field Search
  • Menu Menu

Matangkan Implementasi Zona Integritas: FPUB lalui Monitoring dan Evaluasi Internal

23 June 2025/in Berita/by Humas FPUB

Malang, 21 Juni 2025 – Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FPUB) terus memperkuat upaya pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan menggelar evaluasi dan diskusi mendalam bersama Tim Satuan Reformasi Birokrasi (SRB). Kegiatan ini bertujuan untuk meninjau capaian serta menyusun langkah strategis dalam rangka mewujudkan tata kelola yang mampu diimplementasi dengan bersih dan pelayanan publik yang prima.

(Kiri) Dekan FPUB Bersama dengan Tim SRB dan TIM Zona Intergritas FPUB (kanan)

Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian, yang menekankan pentingnya komunikasi terbuka dalam proses pembangunan ZI. “Jika ada kesulitan di tiap area, sampaikan langsung ke Tim SRB agar penyelesaian dapat dilakukan secara cepat dan tepat,” ujar Dekan.

Sekretaris SRB Universitas Brawijaya, M. Nuh, dalam sambutannya menyampaikan bahwa proses penilaian Zona Integritas dilakukan secara objektif dan terstruktur. Ia mengungkapkan bahwa Lembar Kerja Evaluasi (LKE) FP sempat terlambat sehingga tidak bisa disubmit ke Tim Penilai Satuan Kerja (TPSK). “Monev yang dilakukan di FP mereplikasi pola yang diterapkan oleh TPI Ristekdikti. Salah satu kewajiban penting adalah presentasi langsung oleh dekan, karena pemahaman mendalam terhadap prinsip pembangunan ZI sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

M. Nuh juga menyampaikan bahwa pelayanan publik di beberapa area masih berada di bawah standar. Ia menyarankan agar Fakultas melakukan monev internal secara berkala, misalnya setiap tiga bulan, serta mendokumentasikan setiap diskusi kecil yang berdampak sebagai bentuk inovasi.

Dalam sesi pemaparan, Dekan FPUB menyampaikan bahwa visi Fakultas Pertanian sejak awal telah berorientasi pada kesejahteraan masyarakat, serta berupaya memperkuat posisi di jaringan pertanian global melalui kerja sama dengan institusi di Jepang, Australia, Amerika, dan Wageningen. Dalam paparannya, Dekan menekankan pentingnya substansi dalam capaian kinerja serta penataan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai dasar tata kelola yang akuntabel.

“Pengadaan di tingkat universitas sering mengalami keterlambatan, ini seharusnya menjadi catatan dalam pembangunan ZI di level universitas. Di fakultas, kita harus menata ulang SOP dan mengoptimalkan inovasi layanan,” tegasnya.

Selanjutnya, dilakukan pemaparan dan diskusi mendalam terkait capaian dan rencana implementasi pembangunan ZI di masing-masing area, di antaranya:

Area 1: Manajemen Perubahan
Perlu peningkatan kinerja Tim agen perubahan, TP3G dan unit lain dibawahnya. Budaya kerja sudah mengacu kepada pertor. Bukti dukung liputan media itu dalam bentuk segala hal seperti yang terdapat di Universitas, bisa dalam bentuk cetak ataupun elektronik.

Area 2: Penataan Tata Laksana
Rencana workshop/konsinyering terkait SOP tengah disusun bersama unit GJM. Peta penyederhanaan jabatan sedang diupayakan dan monev internal akan dijalankan secara berkala.

Area 3: Penataan Sistem Manajemen SDM
Perencanaan kebutuhan pegawai sudah mengacu pada peta jabatan. Inovasi terkait mutasi pegawai masih mengalami kendala keberkalaan karena tergantung pada departemen. Peraturan turunan bisa menggunakan peraturan rektor jika Perdek belum tersedia.

Area 4: Peningkatan Akuntabilitas
Perlu ditambahkan dokumen RENJA (rencna kerja). RENJA didapatkan dari turunan renstra (rencana strategis) yang sudah terbentuk. Dalam dokumen yang dilampirkan paling tidak diberikan sedikit narasi penjelasan terkait dokumen tersebut.

Area 5: Penguatan Pengawasan
Penyusunan pedoman manajemen risiko tengah berlangsung dan akan dikonsinyeringkan. Public campaign sudah dilakukan, termasuk rencana sosialisasi anti gratifikasi kepada mahasiswa baru. Disarankan agar laporan singkat namun substansial disampaikan hingga ke KPK, tidak hanya berhenti di level universitas.

Area 6: Peningkatan Pelayanan Publik
ULT dan survei IKM telah berjalan secara berkala. Peraturan Dekan tentang standar pelayanan sedang dalam proses. Hasil survei IKM kini dibuat triwulan untuk meningkatkan responsivitas layanan. Standar layanan juga mulai disosialisasikan melalui berbagai forum dan ditempel di ruang publik.

Tim SRB (Satuan Reformasi Birokrasi) Sedang melakukan penilaian Fasilitas Layanan di Beberapa Sudut Gedung FPUB

Diskusi juga menyoroti kurangnya awareness terhadap isu benturan kepentingan di lingkungan UB. Untuk itu, disarankan agar peraturan khusus seperti Peraturan Dekan diterbitkan untuk memberikan panduan mitigasi risiko. Melalui evaluasi komprehensif ini, FPUB menunjukkan komitmen kuat dalam membangun Zona Integritas yang tidak hanya fokus pada pemenuhan dokumen, tetapi juga pada perbaikan sistemik dan budaya kerja yang bersih serta akuntabel. Selanjutnya, dilakukan pemaparan dan diskusi mendalam terkait capaian dan rencana implementasi pembangunan ZI di masing-masing area. (arb)

https://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2025/06/WhatsApp-Image-2025-06-23-at-09.22.16-1-1-scaled.jpeg 1153 2560 Humas FPUB https://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/FACULTY-OF-AGRICULTURE-UNIVERSITAS-BRAWIJAYA.png Humas FPUB2025-06-23 16:37:112025-06-24 12:58:50Matangkan Implementasi Zona Integritas: FPUB lalui Monitoring dan Evaluasi Internal

Berita

  • Call For Proposal Program Hilirisasi Riset Prioritas – SINERGI 11 July 2025
  • Pengumuman batas akhir pelaksanaan Yudisium Semester Genap TA. 2024/2025 10 July 2025
  • Gandeng FISIP Unsoed: FPUB Gelar Restrukturisasi Kurikulum Magister Sosiologi Tahun 2024/2025 8 July 2025
  • Sosialisasi Undang-Undang Paten Nomor 65 Tahun 2024 serta Pelatihan Penyusunan (Drafting) Permohonan Paten 8 July 2025
  • Pengumuman Penerimaan Proposal Program Riset Konsorsium Unggulan Berdampak (RIKUB) Tahun 2025 8 July 2025
  • Program Insentif Kekayaan Intelektual (KI) BERDAMPAK Tahun 2025 7 July 2025
  • Workshop Restrukturisasi Kurikulum Magister Sosiologi FP UB Disertai Penandatanganan Kerja Sama Antarlembaga 5 July 2025
  • Magang Generasi Bertalenta (MAGENTA) Periode Agustus 2025 – Januari 2026 4 July 2025
  • Program “3 in 1”: FPUB Bekali Mahasiswa Magister Perspektif dan Wawasan Praktis Pemasaran Agribisnis Dunia 4 July 2025
  • Konsolidasi Riset Group Fakultas Pertanian: Perkuat Sinergitas Tata Kelola Penelitian dan Pengabdian 3 July 2025

Departemen

Budidaya Pertanian
Tanah
Sosial Ekonomi Pertanian
Hama & Penyakit Tumbuhan

Program Studi Sarjana

S1-Agroekoteknologi
S1-Agribisnis
S1-Kehutanan
S1-Agribibisnis PSDKU
S1-Agroekoteknologi PSDKU

Program Studi Magister

S2- Agronomi
S2- Pengelolaan Tanah dan Air
S2- Ekonomi Pertanian
S2- Sosiologi
S2- Agribisnis
S2- Patologi Tumbuhan
S2- Entomologi Pertanian

Program Studi Doktor

S3- Ilmu Pertanian

Fasilitas

PSLD UB
BITS UB
Perpustakaan UB
Laboratorium FP
Jurnal FP
Jurnal UB
BAIS UB
Gapura UB

Direktori

E-Complaint UB (UB-Care)
Blog Dosen
Blog Staff
Kepegawaian
PPID UB
Whistleblowing UB
Unit Pengendalian Gratifikasi UB

Mahasiswa

Pendaftaran
Beasiswa Online
Email Mahasiswa
Brawijaya Career Center
Kemahasiswaan
SIAM Online
Find Us
© 2025 - All Rights Reserved -
  • Link to X
  • Link to Youtube
  • Link to Instagram
  • Link to Facebook
Link to: Pendaftaran Kompetisi Inovasi Teknologi dan Energi “PFsains 2025” Link to: Pendaftaran Kompetisi Inovasi Teknologi dan Energi “PFsains 2025” Pendaftaran Kompetisi Inovasi Teknologi dan Energi “PFsains 2025̶... Link to: Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2025: Siapkan Mahasiswa Hadapi Tantangan Masyarakat Link to: Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2025: Siapkan Mahasiswa Hadapi Tantangan Masyarakat Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2025: Siapkan Mahasiswa Hadapi Tantangan...
Scroll to top Scroll to top Scroll to top