Visi

Visi Program Studi Agribisnis, FP-UB adalah Pada tahun 2025 menjadi program studi unggul berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pengembangan agribisnis melalui sistem pertanian berlanjut.

Misi

  1. Menggerakkan kekuatan moral dan kesadaran untuk menghargai keberadaan penciptaan sumberdaya pertanian oleh Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menyelenggarakan pendidikan agribisnis berstandart internasional untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul bidang agribisnis melalui sistem pertanian berlanjut.
  3. Menyebarluaskan IPTEK bidang agribisnis untuk pembangunan pertanian  berlanjut

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur, beretika, berkeadilan dalam menerapkan dan mengembangkan IPTEK bidang agribisnis pertanian berlanjut sehingga berdaya saing global.
  2. Mengembangkan IPTEK bidang pertanian berlanjut dan manajemen agribisnis melalui penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.

*Ditetapkan dalam rapat Senat Fakultas Pertanian UB yang dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2016

Peluang kerja dan profil lulusan

Lulusan PS Agribisnis saat ini menghadapi perubahan dunia yang tengah memasuki era revolusi industri 4.0 atau revolusi industri dunia keempat dimana semua aktifitas manusia didasarkan pada penggunaan daya komputasi dan data yang tidak terbatas dengan adanya perkembangan internet dan tehnologi digital. Kemampuan dalam penggunaan tehnologi informasi oleh lulusan PS Agribisnis sangat diperlukan, dengan dikolaborasikan kemampuan literasi keuangan, literasi pemasaran, analisa perilaku konsumen, analisa perkembangan ekonomi pertanian nasional dan dunia, interaksi sosial dengan masyarakat pedesaan, komunikasi efektif dengan pelaku agribisnis, pengelolaan perusahaan agribisnis, prediksi perkembangan bisnis pertanian menggunakan instrumentasi ekonometrika, mengembangkan wirausaha agribisnis, mengembangkan pertanian yang berkelanjutan dan pertanian organik, mengembangkan kawasan agribisnis, serta kemampuan konservasi air dan lahan pertanian.

Era revolusi industri 4.0 juga akan berdampak pada disrupsi / perubahan tatanan lama menjadi tatanan baru pada aspek moral, etika, sosial, agama, ekonomi, budaya, dan aspek yang lainnya maka PS Agribisnis tetap membekali mahasiswa dalam aspek-aspek tersebut. Sehingga, akan menjadi lulusan PS Agribisnis yang inovatif, kreatif dan kompetitif dalam aspek data literacy, tecnological literacy dan human literacy, namun tetap santun, beretika, bermoral, berbudaya, dan tetap dalam koridor kaidah beragama.

Dalam rangka mencapai keberhasilan tersebut, metode pembelajaran di PS Agribisnis menekankan pemahaman yang luas mengenai pertanian dengan penekanan pada life long learning competency, kerjasama tim, self directed learning, problem based learning, project base learning, holistic/systemic approaches, self awareness,  critical reflection dan open learning .

Salah satu tujuan reorientasi paradigma penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dari yang semula berbasis isi menjadi berbasis kompetensi adalah untuk menjawab permasalahan tidak adanya link and match antara kebutuhan bursa kerja sebagai pengguna lulusan perguruan tinggi dengan kualifikasi lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi sebagai produsen tenaga kerja terdidik (skilled labor). Berdasarkan hasil tracer study need assessment (market signal) yang dipetakan pada scientific vision diperoleh profil lulusan Program Studi Agribisnis. Secara umum peluang kerja atau profesi bagi lulusan UB  dapat dikategorikan ke dalam empat kuadran.

Profil lulusan Program Studi Agribisnis yang relevan berdasarkan rujukan scientific vision dan market signal sebagaimana telah disebutkan di atas, antara lain:

  • Kuadran 1 (be employed): manajer (designer unit agribisnis)dan praktisi atau operator di bidang agribisnis (field manager, organizer), birokrat (PNS, perancang kebijakan, planner), akademisi (pendidik, peneliti, pengkaji, konsultan, pelatih, assesor, evaluator, dsb), fasilitator pengembangan agribisnis (pengurus LSM atau bentuk organisasi lain, koperasi, perbankan, inovator, komunikator, kooperator, mediator, fasilitator, inisiator, kreator, dsb)
  • Kuadran 2 (self employed): misalnya pengrajin bonsai, kolektor tanaman hias dan herbarium, pengamat dan penulis di bidang agribisnis*
  • Kuadran 3 (business owner): wirausaha agribisnis, marketing and promotion agent, ekspor impor, pemilik institusi keuangan yang menyediakan jasa permodalan agribisnis.
  • kuadran 4 (investor): investor di bidang agribisis.

Struktur kurikulum
Struktur kurikulum 2018 merupakan  pengembangan dari kurikulum sebelumnya. Rancangan struktur ini digunakan untuk mahasiswa mulai tahun akademik 2018/2019.  Selama 6 semester mahasiswa melaksanakan aktifitas pembelajaran terstruktur di dalam kelas, dan kemudian dua semester (satu tahun) berikutnya untuk melakukan kegiatan magang dan tugas akhir secara mandiri. Diantara semester 6 dengan semester 7, ada kegiatan magang, diharapkan mahasiswa dapat juga memulai proses tugas akhir segera setelah kegiatan magang selesai. Dengan mengevaluasi profil lulusan tahun 2013 dan menganalisis kebutuhan profil lulusan PS Agribisnis masa mendatang, maka diperlukan untuk memunculkan Minat dalam PS Agribisnis, agar mahasiswa mempunyai spesialisasi ketrampilan dan pengetahuan khusus di semester 5 dan semester 6. Sehingga, Minat PS Agribisnis terbagi menjadi tiga, yaitu :

  1. Minat Ekonomi Pertanian, yang dikelola oleh dosen-dosen dari Laboratorium Ekonomi Pertanian dan Kebijakan Pembangunan
  2. Minat Sosiologi Pedesaan dan Komunikasi Agribisnis, yang dikelola oleh dosen-dosen dari 2 laboratorium, yaitu : Laboratorium Sosiologi Pedesaan dan Pemberdayaan Masyarakat serta Laboratorium Komunikasi dan Penyuluhan Agribisnis
  3. Minat Manajemen Agribisnis, yang dikelola oleh dosen-dosen dari 2 laboratorium, yaitu : Laboratorium Manajemen Finansial dan Pemasaran Agribisnis serta Laboratorium Manajemen Produksi dan Operasi Agribisnis.

Tabel Struktur Kurikulum PS Agribisnis

Tabel Distribusi mata kuliah dalam semester untuk PS S1 Agribisnis

Tabel Distribusi Mata kuliah Wajib Minat dalam semester untuk PS Agribisnis