Indek Kepuasan Masyarakat (Pengguna Jasa) Tahun 2024
Survei Kepuasan Masyarakat 2024
Mari menilai layanan di Universitas Brawijaya
Pelayanan publik kepada mahasiswa, stakeholder dan masyarakat umum pengguna jasa layanan di Universitas Brawijaya (UB) sampai saat ini sudah berjalan lancar, akan tetapi masih belum sepenuhnya memenuhi kualitas atau kepuasan yang diharapkan pengguna jasa. Maka dari itu diperlukan pengukuran tingkat keberhasilan layanan berupa Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) / Evaluasi kepuasan pengguna jasa UB. Pada tahun 2021 ini UB melakukan survei dengan penyebaran kuesioner secara online menggunakan google form baik melalui media sosial (Facebook, Instagram, WhatsApp, Mailing list UB) maupun melalui pemberitahuan surat resmi dengan harapan lebih mudah dicapai oleh responden di tengah kondisi pemulihan pandemi COVID-19 yang mana belum banyak stakeholder terutama mahasiswa yang melaksanakan kegiatan secara offline. Survei tersebut juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan data dukung Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT versi 3.0), sistem manajemen ISO 9001:2008, evaluasi perbaikan layanan UB, dan sekaligus merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di UB.
SKM dilaksanakan secara rutin dan berkala yaitu satu kali dalam setahun (dilaksanakan akhir tahun) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kualitas layanan di UB sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik pada tahun berikutnya dan seterusnya. Hasil SKM diharapkan dapat digunakan juga untuk membantu pimpinan dalam pengambilan keputusan. Sasaran SKM pada tahun 2024 ini adalah mahasiswa, dosen, karyawan, dan pihak luar UB yang merasakan pelayanan.
*Laporan SKM UB Tahun 2024 dapat diunduh di tautan berikut (download)