Pelatihan English for Digital Marketing: Memperkuat Kompetensi Dalam Pemasaran Digital
Tim Dosen Bahasa Inggris dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya (FP UB) telah melaksanakan Pelatihan English for Digital Marketing sebagai bagian dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat, yang diinisiasi oleh Unit Layanan Bahasa (ULB). Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman mendalam kepada peserta mengenai penggunaan bahasa Inggris yang spesifik dalam konteks pemasaran digital.
Pelatihan ini dihadiri oleh sejumlah peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum yang tertarik untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam bidang pemasaran digital. Materi yang disampaikan meliputi beberapa aspek kunci dalam English for Digital Marketing, yang akan membekali peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan.
Beberapa materi yang dibahas dalam pelatihan ini antara lain adalah: Types of Language for Digital Marketing, Peserta diajak untuk memahami jenis-jenis bahasa yang efektif dalam konteks pemasaran digital. Hal ini mencakup penggunaan kata kunci, teknik penulisan SEO-friendly, dan strategi komunikasi yang tepat untuk mencapai target audiens.
Materi berikutnya Understanding the Audience (Market) and Brand Voice, yaitu fokus pada pentingnya memahami audiens atau pasar target dalam pemasaran digital. Peserta diajak untuk memahami karakteristik dan preferensi audiens, serta bagaimana mengembangkan “brand voice” yang sesuai dengan identitas dan nilai merek.
Dan yang terakhir yakni Bahasa yang digunakan untuk Brand Voice, Materi ini membahas secara mendalam mengenai bahasa yang cocok untuk menciptakan identitas merek yang kuat. Peserta diberikan wawasan tentang bagaimana memilih kata-kata, gaya penulisan, dan nada yang konsisten dengan brand voice yang diinginkan.
Pelatihan ini tidak hanya melibatkan tim dosen Bahasa Inggris sebagai pemateri internal, tetapi juga bekerja sama dengan Dr. Ardian Wahyu Setiawan dari prosemantics sebagai pemateri eksternal. Kolaborasi ini memastikan bahwa peserta mendapatkan perspektif dan pengetahuan yang komprehensif tentang penggunaan bahasa Inggris dalam pemasaran digital.
Dian Islami Prasetyaningrum, S.Pd, M.Pd., selaku Ketua Pelaksana kegiatan, menyampaikan bahwa pelatihan ini memiliki nilai yang signifikan karena bahasa Inggris yang spesifik sangat penting dalam era pemasaran digital. Dengan kombinasi pengetahuan dari tim dosen Bahasa Inggris dan keahlian Dr. Ardian Wahyu Setiawan, peserta diharapkan dapat mengembangkan kemampuan yang powerful, baik untuk pengembangan sumber daya manusia maupun peningkatan strategi pemasaran produk. Ke depannya, diharapkan pelatihan semacam ini dapat terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dalam menghadapi dinamika pemasaran digital yang terus berkembang. (zma)