Diberitahukan kepada seluruh mahasiswa yang menempuh MK Teknologi Konservasi Sumberdaya Lahan pada Semester Genap 2024/2025 untuk dapat bergabung pada Google Classroom (GC) sesuai dengan kelas masing-masing. Berikut adalah daftar kelas dan link GC nya :
Rangkaian pelaksanaan praktikum pada MK TKSDL akan menggunakan fasilitas GC, sehingga pastikan Anda telah tergabung pada GC kelasnya, agar dapat mengikuti kegiatan praktikum dengan baik.
Tatap muka praktikum dimulai pada Minggu Pertama Perkuliahan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh akademik. Tidak diperkenankan pindah kelas.
Demikian yang dapat kami sampaikan. Terima Kasih
Salam,
Koordinator Praktikum
https://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/FACULTY-OF-AGRICULTURE-UNIVERSITAS-BRAWIJAYA.png00Departemen Tanahhttps://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/FACULTY-OF-AGRICULTURE-UNIVERSITAS-BRAWIJAYA.pngDepartemen Tanah2025-02-07 08:10:002025-02-07 08:45:17LINK GOOGLE CLASSROOM UNTUK KELAS PRAKTIKUM MK TKSDL GENAP 2024/2025 DAN WAKTU PELAKSANAAN PRAKTIKUM
Sehubungan dengan telah disusunnya petunjuk teknis terkait insentif publikasi ilmiah dan tata kelola jurnal serta insentif publikasi ilmiah buku oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, bersama ini kami sampaikan informasi mengenai petunjuk teknis tersebut untuk dapat disebarluaskan kepada seluruh dosen di lingkungan fakultas Bapak/Ibu.
Adapun petunjuk teknis yang dimaksud adalah sebagai berikut (file terlampir dibawah):
Petunjuk Teknis Insentif Publikasi dan Tata Kelola Jurnal
Petunjuk Teknis Insentif Publikasi Ilmiah Buku
Kami harap agar petunjuk teknis ini dapat diteruskan kepada seluruh dosen di fakultas masing-masing guna mendukung kelancaran dan keseragaman pengajuan insentif publikasi ilmiah di lingkungan Universitas Brawijaya.
Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.
Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Unti Ludigdo
UB STARS (Student Academic Research Scheme) merupakan inisiatif strategis dari Universitas Brawijaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas riset melalui kolborasi dengan lembaga riset nasional (BRIN) dan akademisi internasional. Program ini memfasilitasi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir di lembaga riset dalam negeri (BRIN) atau di universitas luar negeri. Mahasiswa akan dibimbing dosen UB dan dosen mitra yang di harapkan dapat meningkatkan dampak poisitif bagi riset dan reputasi internasional UB. Kegiatan UB STARS dapat di rekognisi menjadi MBKM Riset.
untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat di s.ub.ac.id/ubstarstor dan link registrasi di s.ub.ac.id/ubstarsregister
Diberitahukan kepada daftar nama yang terlampir berikut merupakan nama yang LOLOS sebagai Asisten Praktikum MK TKSDL Semester Genap 2024/2025.
Menindaklanjuti persiapan praktikum mendatang maka akan dilakukan BRIEFING, pada : Hari, Tanggal : Jumat, 07 Februari 2025 Pukul : 09.00-selesai Tempat : Lab Fisika Tanah 2, Dept. Tanah, FP UB
Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas kerjasama dan perhatiannya disampaikan terima kasih.
Hasil Akhir Seleksi Asisten Laboratorium Pedologi danSistem Informasi Sumberdaya Lahan Semester Genap 2024/2025
Sistem Informasi Sumberdaya Lahan Semester Genap 2024/25
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh tim seleksi asisten Laboratorium Pedologi dan Sistem Informasi Sumberdaya Lahan (PSISDL), bersama ini kami menyampaikan:
Hasil akhir seleksi asisten praktikum dapat dilihat pada Lampiran 1.
Bagi peserta yang telah melakukan bisa mengikuti diklat dan pembagian kelas asisten yang dilakukan pada tanggal 4-6 Februari 2025 (ruangan) dan 8 Februari 2025 (lapangan)
Pelaksanaan Perkuliahan Kegiatan Praktikum dan Tutorial 10 Februari – 20 Juni 2025.
Keputusan tim Laboratorium PSISDL bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
https://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/02/PSISDL-TNH.png512512Departemen Tanahhttps://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/FACULTY-OF-AGRICULTURE-UNIVERSITAS-BRAWIJAYA.pngDepartemen Tanah2025-02-02 09:13:492025-02-02 09:13:50Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Asisten Laboratorium Pedologi dan Sistem Informasi Sumberdaya Lahan Semester Genap 2024/2025
PENGUMUMAN
Nomor: 00420/UN10/B/TU.00/2025
PERPANJANGAN REGISTRASI MAHASISWA LAMA UNIVERSITAS BRAWIJAYA SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2024/2025
PROGRAM DIPLOMA (VOKASI), SARJANA, DAN PASCASARJANA
Dengan ini diumumkan bahwa batas waktu pembayaran UKT dan Biaya Pendidikan Proporsional bagi mahasiswa lama yang sebelumnya berakhir tanggal 1 Februari 2025, diperpanjang sampai dengan tanggal 3 Februari 2025 pukul 15.00 WIB. Bagi mahasiswa yang belum melakukan pembayaran harap segera melakukan pembayaran UKT dan Biaya Pendidikan Proporsional dengan tata cara sesuai dengan pengumuman pada laman https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/
Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan secara online melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id).
https://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/FACULTY-OF-AGRICULTURE-UNIVERSITAS-BRAWIJAYA.png00Akademikhttps://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/FACULTY-OF-AGRICULTURE-UNIVERSITAS-BRAWIJAYA.pngAkademik2025-02-01 12:05:052025-02-01 12:06:44Perpanjangan Registrasi Mahasiswa Lama Universitas Brawijaya Semester Genap Tahun Akademik 2024/2025
Diberitahukan kepada Mahasiswa Departemen Budidaya Pertanian yang hendak membuat Laporan Tugas Akhir (Skripsi) untuk mengikuti format Laporan Tugas Akhir (Skripsi) berikut ini
https://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/02/LOGO-POST-WEB-BP.jpeg423419Budidaya Pertanianhttps://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/FACULTY-OF-AGRICULTURE-UNIVERSITAS-BRAWIJAYA.pngBudidaya Pertanian2025-01-31 09:19:182025-01-31 09:20:39FORMAT LAPORAN TUGAS AKHIR (SKRIPSI) DEPARTEMEN BUDIDAYA PERTANIAN
FPUB mendapatkan sejumlah informasi terkait banyaknya minat sejumlah alumni pertanian yang memiliki nilai akademik dengan predikat sangat memuaskan untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya di negara luar. Banyak sekali tawaran beasiswa keluar negeri baik dari pemerintah pusat dan Universitas, namun ini tidak linear dengan jumlah alumni mahasiswa yang berhasil untuk aboard. Hal ini dikarenakan alumni kesulitan lulus syarat dalam mendapatkan beasiswa terkait, khususnya untuk studi ke luar negeri. Oleh karena itu, FPUB melalui Unit Layanan Bahasa (ULB) mengundang salah satu staf pengajar FPUB (Novi Haryati S.P.,M.P.) yang telah berhasil menjadi mahasiswa luar negeri Wageningen University (Belanda) melalui jalur beasiswa, untuk memberikan pengalaman kepada alumni maupun mahasiswa.
Pada agenda webinar (Crafting a Winning Motivational Letter and Personal Statement) yang diadakan melalui zoom pada (Jumat, 17 Januari 2025) sangat menarik perhatian. Pasalnya pada webinar tersebut dihadiri oleh 50 lebih partisipan baik dari alumni maupun mahasiswa pertanian. (Dr. Noer Rahmi Ardiarini, S.P., M.Si.) Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FPUB selaku perwakilan pimpinan membuka acara tersebut. Beliau mengatakan agenda ini diperlukan agar mahasiswa alumni, khususnya pertanian mampu mendapatkan informasi dan strategi khusus untuk dapat melanjutkan studi lanjut bagi yang berkeinginan. “Motivation letter dan personal statement merupakan branding diri yang sangat penting dalam mendapatkan beasiswa, khususnya beasiswa luar negeri”, tuturnya.
Kemudian, Novi Haryati S.P., M.P., langsung melanjutkan acara dengan memberikan meteri. Beliau mengatakan bahwasanya setiap tahun terdapat tawaran beasiswa bagi alumni dari pemerintah, namun dari data yang didapat dari 10.000 alumni pelamar hanya 2.000 yang diterima. Hal ini dikarenakan pelamar masih minim menuliskan contoh nyata pengalaman dan kontribusi dalam penulisan motivation letter dan personal statement. Maka perlu pemahaman dan latihan khusus dalam penulisan 2 hal tersebut.
(Novi Haryati, S.P., M.P.) Sedang Membagikan Strategi Agar Lolos Beasiswa Studi Lanjut Dalam Webinar Melalui Zoom
Terdapat perbedaan antara penulisan motivation letter dan personal satement. Motivation letter merupakan penjelasan alasan seorang calon siswa ingin melamar beasiswa tersebut berupa argumen logis yang berorientasi pada tujuan masa depan. Sedangkan personal statement sifatnya lebih personal naratif, yakni menjelaskan tentang karakter pribadi berupa pengalaman maupun minat yang kuat dalam menekuni bidang yang dilamar. Beberapa startegi khusus diterangkan agar penulisan motivation letter dan personal statement mampu diterima asesor, salah satunya yaitu penulisan paragraf dengan tata bahasa yang baik dan benar. Menyusun argumen secara logis, serta menyajikan informasi secara ringkas, jelas, dan relevan merupakan solusi dari penyusunan paragraf dengan tata bahasa yang baik.
Pemateri menegaskan bahwa dalam membuat tulisan Motivation letter dan Personal statement bukan hanya sekedar dokumen administratif, namun kedua hal tersebut merupakan alat yang sangat kuat dalam menampilkan potensi diri kepada asesor beasiswa. Kemudian perlu ditekankan pada motivation letter yakni tujuan utama dan relevansinya dengan program yang dilamar. Sembari tuliskan dalam sebuah cerita keunikan serta nilai yang terdapat pada diri siswa pada personal statement. Kemas 2 hal tersebut dalam kejelasan tujuan personal agar layak menjadi kandidat penerima beasiswa. Persiapan matang dalam penyusunan kata pada tiap paragraf menjadi kunci kesuksesan meraih kesempatan beasiswa yang ditawarkan.(arb)
https://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2025/01/Presentasi-acara-beasiswa1.jpg7201280Humas FPUBhttps://fp.ub.ac.id/wp-content/uploads/2023/01/FACULTY-OF-AGRICULTURE-UNIVERSITAS-BRAWIJAYA.pngHumas FPUB2025-01-30 14:51:342025-01-30 14:56:13Demi tingkatkan motivasi, Unit Layanan Bahasa Adakan Webinar (Crafting a Winning Motivational Letter and Personal Statement)
HASIL SELEKSI ADMINISTRASI DAN JADWAL SELEKSI KOMPETENSI DASAR SERTA WAWANCARA CALON ASISTEN PRAKTIKUM
Berdasarkan seleksi administrasi yang dilakukan tim di Laboratorium Pedologi dan Sistem Informasi Sumberdaya Lahan (PSISDL), bersama ini kami menyampaikan:
Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi adalah sebagaimana tercantum dalam Lampiran 1 pengumuman ini,
Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dapat mempersiapkan diri mengikuti seleksi kompetensi dasar dan wawancara yang dilakukan sesuai jadwal dan ruangan sebagai Lampiran 1 pengumuman ini.
Seleksi kompetensi dasar dilakukan pada tanggal 29 Januari 2025 jam 10:00-10:45 WIB secara daring informasi lebih lanjut akan dikirimkan melalui email masing-masing.
Proses dan wawancara diselenggarakan secara luring (MK SISL atau GIS untuk MSLB, Analisis Lanskap Terpadu, Morfologi, Genesis dan Klasifikasi Tanah, Pertanian Presisi dan Penginderaan Jauh) serta secara daring (MK Survei Tanah dan Evaluasi Lahan), khusus MK SISL atau GIS untuk MSLB ada tambahan untuk ujian praktek langsung.
Keputusan tim Laboratorium PSISDL bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Kesempatan bagi Periset seluruh Indonesia untuk berkontribusi dan menunjukkan ide-ide inovatif !!
Apa itu RIIM Kompetisi? RIIM Kompetisi merupakan pendanaan riset yang diberikan kepada institusi/lembaga riset untuk melaksanakan kegiatan pencarian novelty / kebaharuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berpotensi dikembangkan lebih lanjut.